Loading...

4 Kelompok Ternak Sapi Perah Di Mojokerto Bentuk BUMP

20:44 WIB | Monday, 16-April-2018 | Ternak | Penulis : Kontributor

Empat Kelompok Ternak Sapi Perah di Pacet Mojokerta bergabung membentuk Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Ikut bergabung dalam BUMP tersebut 2 Kelompok Tani Tanaman Pangan dan satu Kelompok Tani Perkebunan.

 

 

 

Kepala Pusat Penyuluhan Siti Munifah pada  Kegiatan Bimtek Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) tentang Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan BUMP, mengatakan usaha ternak sapi perah merupakan usaha  yang paling menjanjikan pendapatan bagi peternak di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

 

 

 

“Di Kecamatan Pacet ini ada Kelembagaan Ekonomi Petani "Rukun Abadi", yakni di Desa Cembor Kecamatan Pacet, dengan   produksi susu tertinggi  yaitu 25 liter per ekor per hari,” tambahnya.

 

 

 

Dengan  harga susu per liter Rp.5.000, maka omset penjualan susu mencapai 25 liter x Rp 5.000= Rp.125.000/ hari. Biaya pakan perhari Rp.55.000/ ekor (Rp 25.000 untuk hijauannya ditambah Rp.30.000 untuk dedak dsb nya), sehingga pendapatan perhari Rp. 70.000/ ekor, ditambah bonus anak sapi sebagai pendapatan.

 

 

 

Melalui inovasi kelembagaan ekonomi petani dalam bentuk BUMP maka KEP "Rukun Abadi" dapat dengan mudah menjangkau sistem pembiayaan perbankan karena usaha pertanian sudah dikelola layaknya korporasi dengan menerapkan manajemen mulai dari produksi, pengelolaan pasca panen sampai distribusi dan pemasaran (hulu - hilir).

 

 

 

KEP "Rukun Abadi" akan diikuti oleh 4 (empat) kelompok sapi perah, 2 (dua) kelompok tanaman pangan dan 1 (satu) kelompok perkebunan, yang akan membentuk Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Usaha sapi perah akan kami bawa menjadi komoditas unggulan Kabupaten Mojokerto, yang diikuti pengembangan pertanian terpadu. AEM

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162