Loading...

5.215 Penyuluh Pertanian Dikerahkan untuk Tanam Kedelai 500 Ribu Ha

11:27 WIB | Thursday, 09-November-2017 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

 

 

Sebanyak 5.215 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dikerahkan Kementerian Pertanian untuk pengawalan khusus dalam penanaman kedelai seluas 500 ribu ha dengan menggunakan APBN-Perubahan 2017.

 

 

 

“Kita harapkan akan ada tambahan dari swadaya petani 500 ribu ha sehingga totalnya menjadi 1 juta ha,”kata Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian  Fathan A Rasyid usai membuka kegaitan “Konsolidasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian melalui Dana Dekonsentrasi Tahun 2017 di Surabaya (9/11).

 

 Target produktivitas pertanaman kedelai yang dibiayai APBN-P bisa mencapai 2,5 ton per ha. ”Teknologi yang dipakai adalah teknologi  spesifik lokasi yang sudah direkomendasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang ada di tiap propinsi,”jelasnya. Sehingga teknologi di tiap daerah bisa berbeda.

 

Pertanaman padi seluas 500 ribu hektar tersebut tersebar di 20 propinsi dan 199 kabupaten.

 

Fathan mengungkapkan pengembangan luas areal tanam kedelai ini akan diintegrasikan dengan pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) yang berbentuk korporasi sehingga  ada jaminan pasarnya dengan harga yang baik.

 

 “Kita juga ingin membangun brand image kedelai kita, bahwa kedelai kita lebih bagus dari kedelai impor,”tambahnya.

 

Inspektur I Kementerian Pertanian Susanto mendorong program pelibatan aktif penyuluh pertanian dalam pengawalan khusus swasembada kedelai tahun 2018 ini.

 

“Kegiatan Penyuluhan yang akan menjabarkan program Kementan di tingkat lapangan, termasuk swasembada kedelai. Kita kawal program itu agar tidak  menyimpang dari peraturan dan memiliki akuntabilitas. Kita  kawal agar program Mentan berhasil,” tambahnya.

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162