Loading...

Abdul Halim, Hibahkan Lahan untuk Embung

14:08 WIB | Monday, 26-February-2018 | Kontak Tani Sukses, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Tiara Dianing Tyas

 

 

Air menjadi faktor utama dalam usaha tani. Apalagi di daerah yang termasuk wilayah kering, seperti di NTB. Tak terkecuali, di Desa Sukamulia Timur, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

 

Namun untuk kemajuan pertanian di daerahnya, Abdul Halim, petani di desa tersebut rela menghibahkan lahannya untuk dibangun embung. Pada 2017, petani yang memiliki lahan seluas 4 ha di kaki Gunung Rinjani ini menghibahkan lahan seluas 1.500 meter.

 

Embung tersebut dibangun dengan bantuan anggaran dari Kementerian Pertanian dalam hal ini Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP). “Lahan ini saya hibahkan  untuk kepentingan masyarakat, juga demi masa depan pertanian disini,” katanya.

 

Bagi Halim, satu alasan utamanya  adalah apa yang dilakukan adalah amal yang menjadi ‘bekalnya’ kelak. “Saya cuma minta satu. Sediakan sepetak lahan untuk makamnya kelak diantara lahan miliknya itu ketika saya meninggal,” ujarnya.

 

Berkat embung dari lahan yang dihibah Abdul Halim ini, sekitar 60 ha lahan sawah di Desa Sukamulia Timur dapat terairi dan petani bisa menanam padi. Padahal sebelumnya, petani di wilayah ini hanya bertanam ubi jalar, jagung dan tebu.

 

“Dengan embung ini, petani optimis bisa panen tiga kali, dengan jagung sebagai pertanaman ketiga. Sedangkan dua lainnya padi,” katanya seraya  berharap, semoga apa yang Halim lakukan dapat dilanjutkan generasi penerus. “Saya minta agar embung ini dijaga dan dirawat. Jika ada kerusakan lekas diperbaiki,” tambahnya.  Tia

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162