Loading...

Agus Ali Nurdin, Dengan Okiagaru Pasok Sayur ke Resto Jepang

15:46 WIB | Wednesday, 02-May-2018 | Kontak Tani Sukses, Kabar Penas KTNA XV 2017 | Penulis : Clara Agustin

Agus Ali Nurdin (kiri) bersam staf okiagaru

 

 

Penumbuhan Wirausahwan Muda Pertanian (PWMP) menjadi salah satu cara pemerintah mengajak generasi muda terjun beragribisnis. Salah seorang yang kini telah menuai hasil dari program tersebut adalah Agus Ali Nurdin.

 

Alumni Program Ikatan Magang Jepang (Ikamaja) ini membangun Okiagaru Mart yang kini memasok produk sayuran ke restauran Jepang di Indonesia. Agus merupakan salah satu penerima bantuan modal usaha dari Program PWMP tahun 2017.

 

Awalnya, menurut Agus, usaha Okiagaru Farm hanya budidaya sayuran organik, khususnya budidaya sayuran-sayuran Jepang. Namun kemudian, Agus tertarik untuk memasok hasil budidaya sayuran organik, khususnya sayuran Jepang  ke restaurant dan swalayan Negeri Matahari Terbit.

 

 “Sekarang kita sudah memasok ke swalayan dan restaurant Jepang yang ada di Indonesia.  Lalu nanti kedepannya kita akan membangun Okiagaru Mart,” kata alumni IPB tahun 2012.

 

Areal lahan pertanian sayuran organik milik Okiagaru Farm ada sekitar 1,8 ha di Cianjur dan 2 ha di Cisarua. Di lahan itu, Agus menanam sekitar 100 jenis sayuran dan sebanyak 50% merupakan sayuran asli Jepang, seperti kyuri (timun jepang), horenzo (bayam jepang), kabocha (labu jepang), satsumaimo (ubi jepang), zucchini,  dan negi. Sementara sisanya merupakan sayuran lokal tapi dikonsumsi di restoran Jepang.

 

“Kita tidak menjualnya ke pasar bebas, melainkan bermitra ke swalayan dan restauran Jepang. Yang sudah bermitra dengan kita adalah Aeon Supermarket, Yoshinoya dan Sushi Tei,” ungkap Agus.

 

Kegiatan yang dilakukan Okiagaru Farm sendiri bukan sebatas budidaya sayuran organik. Namun terdapat P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya Pedesaan) sebagai lokasi pelatihan untuk petani. “Jadi siapa pun yang tertarik ingin belajar budidaya sayuran organik, khususnya sayuran Jepang, bisa langsung menghubungi saya karena kita ada P4S,” kata Gus Le, sapaan akrab Agus. Cla

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162