Loading...

Ali Sumardi, Pantang Menyerah Demi Kesuksesan

13:21 WIB | Wednesday, 03-September-2014 | Kontak Tani Sukses, Dinamika Petani | Penulis : Julianto

“Pantang menyerah demi kesuksesan”, inilah moto hidup yang selalu menyertai langkah dari Ali Sumardi, petani sukses yang kini dipercaya masyarakat menjadi penyuluh swadaya.

 

Ali Sumardi, lahir di Desa Ngerdani, Kecamatan, Dongko Kabupaten Trenggalek pada 4 Mei 1970, anak pasangan Sakijan dan Mariyem. Seiring berjalannya waktu, setelah menamatkan pendidikan dari pondok pesantren di Jember tahun 1993, Ali memutuskan merantau ke Kalimantan. Tepatnya di Dusun Gunung Putih, Desa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan.

 

Waktu terus berjalan. Jatuh bangun dilalui Ali. Selama di perantauan, dia sempat bekerja sebagai buruh bangunan hingga tahun 1996. Namun karirnya berubah setelah menikah dan menetap di Desa Gunung Putih.

 

Dengan dorongan mertuanya, tahun 1997 mulai menggeluti pekerjaan sebagai petani. Ali menanam padi sawah yang kemudian tergabung ke Kelompok Tani Sidodadi.

 

Pengalaman menjadi petani dimulai sejak menjadi ketua Kelompok Tani Sidodadi tahun 1998 yang beranggotakan 18 orang. Dengan berbekal mengikuti pelatihan manajemen kewirausahaan agribisnis bagi kontaktani pengelola P4S, tahun 2002, Ali menjadi penyuluh swadaya di Desa Gunung Putih.

 

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya pada tahun 2006 mengikuti Sekolah Lapang (SL) sertifikasi benih di Samarinda. Kiprahnya berlanjut dengan mengikuti Forum Petani Pengelolaan P4S tahun 2008, 2009 dan 2011. Pada puncaknya mengikuti Diklat Kepemimpinan P4S tahun 2014 dan Diklat Instruktur P4S tahun 2014.

 

Sebagai petani sukses, Ali Sumardi sangat menikmati profesinya dalam berusahatani padi. Banyak petani yang belajar tentang budidaya padi. Dia tak segan membagi ilmu yang didapat dari berbagai narasumber dan pengalaman yang digalinya sendiri.

 

Petani Penangkar

 

Perannya sebagai petani padi, baik sebagai pelaku utama dan pelaku usaha dibuktikan dengan kesuksesannya sebagai petani penangkar pada kegiatan penangkar padi unggul Binaan Dinas Pertanian. Kiprahnya sebagai penangkar dimulai dari 2 ha lahan yang dimilikinya. Dalam satu kali produksi per hektarnya rata-rata 6,7 ton benih padi hasil penangkarannya.

 

Seiring berjalannya waktu permintaan akan benih padi meningkat, sehingga memerlukan kerjasama antar sesama petani. Berawal dari Kelompok Tani Sidodadi yang memiliki 20 ha, lahan berkembang dengan memberdayakan kelompok lain yang ada di Desa Gunung Putih, yaitu Kelompok Tani Podho Makaryo dan Harapan Jaya. Total lahan sawah garapan menjadi 35 ha dan dalam setahun menghasilkan benih sekitar 462 ton.

 

Setelah mendapat mitra dari PT. Sang Hyang Sri, kegiatan hingga kini menjadi penyalur benih di berbagai daerah sekitar Kabupaten Bulungan. Misalnya, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tanah Tidung, Kabupaten Berau dan Kabupaten Nunukan. Selain tanaman padi saat ini usaha ternak itik dan pengepul jahe menjadi usaha tambahan.

 

Dengan itikad baiknya, Sumardi melakoni usahanya sambil aktif melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat sekitar. Metode penyuluhan yang dilakukan berupa pertemuan, anjangsana rutin ke kelompok tani binaan penangkar benih.

 

Kelompoktani yang menjadi wilayah binaannya adalah Kelompoktani Sumber Makmur, Kelompoktani Sidodadi, Kelompoktani Harapan Baru dan Gapoktan Sukorejo. Sebagai bahan penyuluhan kepada kelompoktani Ali membuat bahan penyuluhan seperti Folder (Pengolahan Cabe) dan Lembar Persiapan Menyuluh (Gulma pada padi sawah, Hama burung pipit pada tanaman padi, Pengendalian hama sundep pada tanaman padi, Pengolahan tepung beras, Pengendalian penyakit oleh virus pada tanaman kedele, Penggunaan benih padi bermutu dan lainnya).

 

Berkat kerja keras, ketekunan dan keuletan sebagai seorang petani dibuktikan dengan terpilihnya sebagai Ketua KTNA Kabupaten Bulungan pada tahun 2007. Kemudian mengantarkannya menjadi Petani Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2007. Puncaknya dengan penghargaan sebagai Penyuluh Swadaya dari Bupati Bulungan dan Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2014. Yul

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162