Loading...

Analis Laboratorium Karantina Pertanian Soekarno Hatta Tingkatkan Kemampuan

11:41 WIB | Tuesday, 22-August-2017 | Karantina | Penulis : Ahmad Soim

Selama 3 hari analis laboratorium Karantina Soekarno Hatta bidang tumbuhan mengikuti magang di Karantina Uji Standard. Teori,  praktek serta diskusi untuk pencapaian  peningkatan kemampuan dalam melakukan uji deteksi dan identifikasi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dengan metode biomolekuler.

 

Kemampuan ini diperlukan karena sudah menjadi tuntutan bahwa dalam melakukan pemeriksaan di laboratorium diperlukan kecepatan dalam pengujian namun tetap menghasilkan hasil uji yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

 

Magang ini bertujuan untuk mempelajari secara mendalam lagi khususnya pengujian dengan metoda Polymerase Chain Reaction (PCR) karena dengan metode ini akan memperpendek waktu pengujian dan mendapatkan hasil yang valid, magang ini dilaksanakan pada tanggal 15,16 dan 18 Agustus 2017.

 

Analis laboratorium Karantina Soetta yang mengikuti magang ini terdiri dari 5 orang analis yang sehari-hari memang berugas di laboratorium, yaitu : Ir. Yanni P. Pandji, Artati Wulandari, S.Si, Aprilyani, SP. M.Si, Viorenta, SP. dan Arif Hermawan, SP. M.Si. Sementara itu untuk kegiatan magang ini di bimbing oleh pembimbing yang ahli di bidang PCR yaitu  Ir. Riza Desnurvia, M.Sc. dari Karantina Uji Standar. Som/Humas Badan Karantina Pertanian

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162