Loading...

Anggota DPR RI Temui Petani Hortikultura di Kalteng

13:29 WIB | Wednesday, 30-November-2016 | Nusantara | Penulis : Ahmad Soim

 

 

  Anggota DPR RI, Hamdhani siap mendukung   petani Kalimantan Tengah untuk mengembangkan  pertanian,hortikultura, perkebunan dan perikanan di Kalteng.

 

"Bagi yang serius mengembangkan pesawahan, kita bisa bantu mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun 2017,” kata Hamdhani ketika berkunjung ke petani hortikultura di Desa Kubu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Pada kesempatan tersebut Hamdhani ikut panen cabe  petani Nasdem bersama Kelompok Tani Karya Baru Mandiri. Taufiq Hidayat, salah seorang petani di desa ini menggatakan, tak kurang dari 2 hektare lahan, digarap untuk pengembangan holtikultura,  seperti jeruk, semangka, dan lengkeng serta aneka tanaman sayuran seperti lombok, terong, buncis, bawang daun dan timun.

 

Terdapat tanaman cabai seluas 0,5 hektare dari 1 hektare luas keseluruhan yang sudah siap panen. Setiap kali panen, tak kurang dari 200 kilogram.  

 

Untuk komoditas buah semangka, menurutnya  bisa menghasilkan 10 ton per panen, terong 100 kilogram per 3 hari sekali panen, buncis 150 kilogram per 2 hari sekali panen, melon 1 ton sekali panen, daun bawang 200 kilogram per sekali panen dan timun 100 kilogram sekali panen.  

 

"Awalnya kita bergelut di peternakan. Awal tahun 2003, kita dapat bantuan ternak. Lalu tahun 2010 kemudian berkembang menjadi P4S. Pada 2013 kami berkembang kami punya produk olahan pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Nah dari produk pupuk ini kami bisa mengembangkan ke tanaman holtikultura,” tambahnya.

Ketua Kelompok Tani Karya Baru Mandiri, Syahrian, menambahkan luas lahan yang digarap kelompok tani ini seluas 58 hektare. Komoditasnya lebih condong pada pengembangan tanaman holtikultura.   RO/Som

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162