Loading...

Antisipasi Harga Turun, Mentan Ajak Bulog Serap Gabah

16:33 WIB | Tuesday, 23-January-2018 | Nasional | Penulis : Julianto

 

 

Menjelang akhir Januari, panen terus berlangsung di beberapa sentra padi. Seiring makin banyaknya pasokan gabah ke pasar, harga mulai turun. Untuk mengantisipasi agar harga tidak makin merosot, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat panen di Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Selasa (23/1), mengajak Perum Bulog untuk menyerap gabah petani. 

 

"Kita sudah dengar harga gabah mulai turun. Kami, pemerintah bersama Bulog akan bekerja sama, sehingga harga tidak akan jatuh di bawah HPP. Jangan sampai petani merugi. Itu arahan Presiden. Karena itu kami keliling jawa, dan lusa nanti ke Kalimantan untuk memantau kondisi di lapangan,” tuturnya.

 

Sebelum menghadiri acara di Kecamatan Undaan, Kudus, rombongan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memantau pertanaman padi dan sebaran panen di Jawa Tengah menggunakan dua pesawat helikopter.

 

Bupati Kudus Musthofa juga menyampaikan harapannya ke Bulog untuk menyerap gabah, terutama saat mayoritas lahan sawah di wilayah Kudus sudah siap panen. “Kami minta teman-teman saya di Bulog. Karena kesejahteraan petani tergantung niatan kita,” ujarnya.

 

Menurut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto, di lokasi panen padi 516 ha Harga GKP pada awal Januari masih sekitar Rp 6.000-6.300/kg. Namun sekarang hanya Rp 5.900/kg (pakai combine), kalau manual Rp 5.500/kg. “Ya turun sekitar 800 perkg lah,” ujar Catur.

 

Data Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Kudus, panen Januari diperkirakan seluas  1.730 ha dengan produksi setara 6.228 ton beras, Februari  7.163 ha (setara 25.780 ton beras) dan Maret  2.293 ha (setara 8.251 ton beras). Dengan jumlah penduduk di Kota Kretek ini sebanyak ‎841.499 jiwa, dibutuhkan 6.513 ton beras/bulan, sehingga Februari surplus 19.267 ton dan Maret surplus 1738 ton. 

 

Pada acara ‘Tanam dan Panen Padi tiap Hari Menuju Kedaulatan Pangan" di Kecamatan Undaan Kudus ini, hadir juga Aster KASAD TNI-AD Mayjen Supartodi, DPD-RI Hj Denty Eka Pratiwi, Wakil Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Asisten Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ilyas Payong, Ketua KTNA Winarno Tohir, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Drs Indrajit, Kasdam Pangdam IV Diponegoro Brigjen Bakti Agus Fajari, Bupati  Kudus Musthofa, Direktur Bulog Androyanto, perwakilan Bank BUMN, Dirut PT SHS Syaiful Bahri.Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162