Loading...

Atasi Hama Penyakit secara Alami

11:30 WIB | Tuesday, 10-September-2013 | Sorotan | Penulis : Ahmad Soim

Sebagai negara tropis,  Indonesia merupakan sasaran empuk bagi perkembangan hama dan penyakit tanaman. Tiap tahun, kerap terdengar berita serangan hama dan penyakit. Hama wereng batang cokelat, penggerek batang dan tikus menjadi tamu rutin bagi petani. Begitu juga penyakit hawar daun bakteri atau yang lebih dikenal penyakit kresek juga tak luput menghampiri tanaman padi.

 

Data Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, luas serangan OPT (organisme pengganggu tanaman) pada tanaman padi tahun 2011 sebesar 712.642 hektar (ha) dan yang puso sekitar 40.526 ha. Tahun 2012 mencapai 461.821 ha (puso 2.225 ha). Pada tahun 2013 hingga Juli, luas serangan OPT sudah sekitar 277.708 ha dan yang puso 594 ha.

Dalam mengendalikan OPT, petani kerap menggunakan pestisida berbahan baku kimia. Sementara penggunaan pengendali hama dan penyakit berbahan baku alami atau agens hayati masih kalah pamor. Persoalan kepraktisan membuat petani kerap lebih melirik obat-obatan kimia untuk mengatasi serangan ‘tamu tak diundang’ tersebut.

Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan mengakui saat ini posisi agens hayati masih jauh tertinggal ketimbang pestisida berbahan baku kimia. Pasalnya, pestisida telah terlebih dahulu beredar di kalangan petani. Tercatat lebih dari 3 ribu jenis dan merk yang terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan), meski dalam kenyataan hanya ratusan jenis yang aktif beredar.

“Jujur saja produk pestisida yang berbasis kimia itu memang sudah berjalan lebih dulu, lebih komersial,” kata Rusman saat Pekan Peramalan OPT Tanaman Pangan di Jatisari, Karawang. Namun, lanjutnya, pemerintah juga mengingatkan penghasil pestisida atau obat-obatan berbasis kimia bahwa pada waktunya produk berbahan baku kimia tersebut akan tidak populer. 

 

Untuk informasi yang lebih lengkap baca EDISI CETAK TABLOID SINAR TANI (berlangganan Tabloid SINAR TANI.  SMS ke : 081317575066).

 

Editor : Ahmad Soim

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162