Loading...

Bantulah Petani, Harga Gabah di Tingkat Petani Mulai Menurun

15:13 WIB | Thursday, 08-February-2018 | Olahan Pasar | Penulis : Ahmad Soim

Panen padi yang terjadi saat ini  di sejumlah wilayah sentra produksi padi membuat harga gabah menurun. Dari 256 kabupaten sentra padi di Indonesia sebanyak 16 kabupaten di antaranya harga gabahnya jatuh di bawah Rp 4.200 per kg. 

 

 

 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menggerakkan program serap gabah dalam kunjungan panen padinya di sejulah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mentan berharap langkah ini bisa membantu petani padi dari  kerugian akibat harga jual gabahnya yang turun.

 

Lebih dari 70 persen dari total kabupaten sentra padi di Indonesia, harga jual gabahnya masih tinggi, yakni antara Rp 4.200 – Rp 5.000 per kg. Bahkan ada 20 persen lebih dari total kabupaten sentra padi yang harga jual gabahnya masih di atas Rp 5.000 per kg.

 

Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan panen padi memang sedang berlangsung. Dia memperkirakan panen raya padi akan dimulai akhir Febuari hingga awal April.

 

“ Pada saat itu harga gabah diperkirakan akan turun menuju HPP, HPP Gabah Kering Panen  sekitar Rp 4070, tetapi berlaku tidak akan lama,” katanya.

 

Menurutnya, penggilingan padi umumnya “menyerbu “ daerah panen yang masih terbatas, sehingga harga gabah di daerah seperti itu saat ini masih tinggi.

 

Yang menurutnya perlu diwaspadai adalah harga gabah yang tinggi itu belum tentu dinikmati sepenuhnya oleh petani, karena panjangnya mata rantai untuk sampai ke penggilingan

 

 Agar petani bisa menikmati harga gabah yang tinggi menurutnya harus dibangun satu sinergi dalam kawasan ( cluster) antara petani/kel tani/gapoktan dengan penggilingan padi setempat. Pemda harus lebih diberdayakan dalam membangun sinergi ini dengan mengoptimalkan anggaran yang ada.

 

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi menjelaskan ada sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah untuk membantu petani  padi. Di antaranya  Kemtan  mengaktifkan 3.600 Lumbung Pangan Masyarakat  (LPM) yg dikuasai/dikelola GAPOKTAN.

 

“Dengan demikian harga dan supply pun dikendalikan petani.,” tambahnya. Som

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162