Loading...

Batan Gandeng SHS Kembangkan Padi Tropiko

15:05 WIB | Wednesday, 01-November-2017 | Komoditi, Pangan | Penulis : Indarto

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menggandeng PT Sang Hyang Seri (Persero) untuk mengembangkan padi varietas baru tahan hama wereng batang coklat (WBC) dan hama penggerek batang. Padi varietas baru yang diberi nama padi Tropiko ini mempunyai potensi produksi sampai 10 ton per ha.

 

Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Batan, Hendig Winarno mengatakan, benih padi varietas baru Tropiko yang dikerjasamakan dengan PT Sang Hyang Seri (PT SHS) sudah melalui serangkaian pengujian.

 

"Padi varietas baru Tropiko merupakan perkawinan antara IR 36 dengan padi asal Jepang sehingga padi ini punya daya tahan terhadap hama WBC dan penggerek batang, nasinya pulen dan rasanya enak," kata Hendig usai penandatanganan MoU, di Jakarta Selasa (31/10).

 

Kepala Batan, Djarot Sulistiyo Wisnu mengatakan, MoU ini harus ditindaklajuti, karena sebuah terobosan baru bagi Batan. "Padi Tropiko yang akan dikerjasamakan dengan PT Sang Hyang Seri nantinya bisa dimasyarakatkan," kata Djarot.

 

Varietas padi Tropiko, menurut Djarot bisa menjadi padi unggulan yang diminati petani karena ketahanannya terhadap hama WBC dan penggerek batang dan arahnya untuk menghasilkan beras kualitas premium. "Sehingga, petani akan mendapat nilai tambah ketika menanamnya," ujarnya.

 

Djarot menjelaskan, kerja sama dengan PT SHS bukan yang pertama kali. Sebab, pada tahun 2013 Batan pernah menggandeng PT SHS untuk mengembangkan varietas padi Pandan Putri, Bestari, Mira, dan Sidenuk. Sesuai rencana, Batan akan menggandeng PT SHS untuk mengembangkan kedelai mutiara 1 dan 2 ke masyarakat.

 

Dirut PT Sang Hyang Seri (SHS), Syaiful Bahri menyambut baik kerja sama institusinya dengan Batan untuk mengembangkan padi Tropiko. "Bahkan sebelum MoU, padi Tropiko sudah ditanam di Sukamandi di lahan demplot seluas 0,5 ha. Padi varietas baru dari Batan ini sudah siap panen," kata Syaiful Bahri. Idt/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162