Loading...

Berau Penyumbang Terbesar Jagung Kalimantan Timur

13:37 WIB | Friday, 23-December-2016 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Kontributor

Pertanian Berau terus mengalami peningkatan yang positif, salah satunya adalah komoditas jagung. Bahkan sekitar 60% dari produksi jagung di wilayah Kalimantan Timur disumbang oleh wilayah pesisir selatan Bumi Batiwakkal, Kabupaten Berau.

 

Data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur, tahun 2015 produksi jagung Kabupaten Berau mencapai 4.550 ton pipil kering dari keseluruhan produksi provinsi yakni 8.379 ton pipil kering.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kaltim, Ibrahim mengatakan, Kabupaten Berau merupakan provinsi yang produktif menghasilkan jagung dibandingkan komoditas tanaman pangan lainnya. “Kalau beras, Berau masih di posisi ke 4 se-Kalimantan Timur,” katanya.

 

Ibrahim menambahkan, pada tahun 2016 Kalimatan Timur ditargetkan Kementerian Pertanian memenuhi luasan tanam 11.500 ha dengan beragam paket bantuan guna luas tambah tanam. Khusus Berau, provinsi menargetkan sekitar 5 ribu ha.

 

“Jika nanti target pemerintah ini tercapai sepenuhnya di Kaltim, paket bantuan untuk tahun 2017 akan ditambah dengan luasan mencapai 23 ribu ha, khusus Kabupaten Berau ditambah menjadi 7 ribu ha,” paparnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Berau, Ilyas Nasir menuturkan, target 5 ribu ha akan terpenuhi dalam waktu dekat. Jika dilihat dari total produksinya, targetnya 25 ribu ton dari luasan 5 ribu ha jagung bisa dicapai. Apalagi sebagian besar rata-rata produksi mencapai 5 ton/ha.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162