Loading...

Bibit Rumput Laut Kuljar Asa Baru Pembudidaya

16:40 WIB | Friday, 18-November-2016 | Nasional | Penulis : Indarto

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Ditjen Perikanan Budidaya berharap pembudidaya rumput laut pada tahun 2017 bisa memanfaatkan bibit rumput laut kultur jaringan (kuljar) yang ditaman di lahan seluas 6.500 ha. Dari luasan lahan tersebut sampai kini ada sekitar 2.000 ha yang sudah memanfaatkan budidaya rumput laut kultur jaringan dan hasilnya cukup menggembirakan.

 

Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto mengatakan, masih ada sekitar 4.000-an  hektar lagi yang akan dikembangkan untuk budidaya rumput kultur jaringan. Pengembangannya nantinya dalam bentuk kluster dengan luasan 5-10 ha/kluster. Setiap 5 ha akan disertai kebun bibit seluas 1 ha.

 

Menurut Slamet, agar pembudidaya bisa segera memanfaatkan bibit rumput laut kultur jaringan, pihaknya sudah menggandeng SEAMEO Biotrop yang sudah melakukan penelitian bibit rumput laut kultur jaringan sejak tahun 2012. Diperlukan sekitar 1,1 juta ton bibit rumput laut kultur jaringan yang akan dikembangkan di lahan seluas 6.500 ha untuk mengejar target produksi rumput laut pada tahun 2017 sebanyak 13 juta ton.

 

Ditjen Perikanan Budidaya akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 8,4 miliar untuk mengembangkan kebun bibit rumput laut kultur jaringan dan laboratorium. Bahkan, sampai kini sudah ada enam balai yang mengembangkan bibit rumput laut kultur jaringan. “Bibit rumput laut kultur jaringan tersebut juga sudah bisa dibudidaya  secara massal di masyarakat,” ujar Slamet.

 

Slamet mengatakan, pihaknya juga menyiapkan 185 kawasan kebun bibit rumput laut yang akan dikembangkan pemerintah pusat dan daerah. Kawasan pengembangan kebun bibit kultur jaringan ini mulai dari kawasan Sumatera, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah (Jepara), Banyuwangi, Probolinggo, Pacitan, Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga sampai ke Fak Fak (Papua).

 

Hasil penelitian, produktivitas bibit rumput laut kultut jaringan cukup bagus. Untuk ukuran 25-50 meter, kurun 2-3 bulan bisa mencapai 5-6 ton/ha. Kalau dibudidaya tiap satu ha bisa menghasilkan rumput laut antara 40-48 ton. Sedangkan yuang konvensional hanya 16-24 ton/ha. idt

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162