Loading...

Biro Humas Perlu Bersinergi untuk Tangkal Berita Hoax

16:05 WIB | Thursday, 03-May-2018 | Nusantara | Penulis : Indarto

Biro Humas di kementerian/lembaga pemerintah harus bersinergi untuk menangkal banyaknya isu negatif dan berita hoax yang dilayangkan ke pemerintah. Sebab yang dihadapi biro humas saat ini bukan media massa biasa, tapi media sosial (medsos) yang jumlahnya ribuan.

 

Staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Hukum Henry Subiakto mengatakan, biro humas di kementerian/lembaga pemerintah bisa mangatasi isu negatif dan berita hoax dengan cara mengintegrasikan kanal medsos setiap kementerian/lembaga pemerintah.

 

"Setelah diintegrasikan, mereka bisa saling memantau kemudian menyebarluaskan ke medsos masing-masing," ujar Henry Subiakto pada acara Pertemuan Bakohumas, di Malang, Rabu (2/5).

 

Menurut Henry, tantangan humas bukan hanya media massa. Justru ketika semua orang bisa menjadi wartawan tapi beritanya belum tentu benar inilah yang menjadi tantangan humas saat ini.

 

"Sebab, berita yang belum tentu benar inilah yang disebarkan di medsos, kerap isu diplintir seolah pemerintah tak mampu melakukan tugasnya," katanya.

 

Ia menekankan, forum atau pertemuan Bakohumas seperti ini bisa dilakukan minimal setahun sekali bertujuan juga untuk mengakrabkan anggota humas kementerian/lembaga pemerintah. Selain itu, pertemuan ini untuk mengetahui isu-isu terbaru di masyarakat.

 

Setelah biro humas kementerian/lembaga bersinergi, humas yang ada di daerah atau UPT

ikut menyebarkan informasi di medsos. "Cara kerja seperti ini akan lebih efektif untuk menangkal isu negatif dan hoax, dibanding kalau hanya dari humas salah satu kementerian/lembaga pemerintah yang menyebarkannya," ujarnya.

 

Henry juga mengatakan, antar biro humas kementerian/lembaga pemerintah sama-sama memberi informasi, sehingga masyarakat dapat info dari sumber resmi dari pemerintah. Hubungan antar biro humas dan stafnya juga dipererat supaya mereka tahu isu di kementerian/lembaga pemerintah lainnya.

 

Hal senada diungkapkan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri. Menurut Kuntoro Boga, humas merupakan salah satu bagian penting penyambung komunikasi lembaga negara.

 

"Karena itu biro humas yang ada di kementerian/lembaga pemerintah harus berupaya memviralkan kegiatan yang dilakukan pemerintah. Sebab, dengan memviralkan kegiatan itu akan berdampak baik terhadap masyarakat," jelas Kuntoro Boga.

 

Kuntoro Boga juga menekankan, setiap internal biro humas memiliki strategi komunikasi untuk mengantisipasi isu-isu negatif secara responsif. Artinya, internal humas sendiri perlu bekerja sama dengan unit kerja eselon I dalam rangka menangkal isu negatif secara teknis. Idt/Ira

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162