Loading...

Bulog Siap Sergap dengan Harga Komersial

09:50 WIB | Wednesday, 10-January-2018 | Nasional | Penulis : Indarto

Awal Februari tahun ini sejumlah daerah yang ditanami padi memasuki saat panen raya. Agar harga jual gabah petani tak jatuh di bawah harga pembelian pemerintah (HPP), Perum Bulog mulai tanggal 8 Januari bisa serap gabah/beras petani dengan harga komersial.

 

Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian Kementan, Momon Rusmono mengatakan, Perum Bulog mulai hari ini bisa membeli gabah/beras petani di atas HPP apabila menguntungkan. "Saya sudah komunikasi dengan Kadivre Bulog Jawa Tengah dan mereka  siap melakukan pembelian gabah/beras melalui pendekatan komersial," kata Momon Rusmono saat melakukan panen padi di Desa Binangun, Kecamatan Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, Senin(8/1).

 

Menurut Momon, komunikasi dengan Kadivre Bulog Jawa Tengah (Jateng) sudah dilakukan untuk persiapan serap gabah (Sergap) di Jateng sesuai dengan harga pasar. Perum Bulog pun sudah siap menampung gabah yang dipanen petani saat panen raya nanti.

 

"Karena itu saya harapkan Bulog sudah mulai melakukan penyerapan. Sebab, sejumlah daerah di Jateng pada Januari tahun ini sudah panen. Di Januari saja ada 110 ribu ha siap panen. Sedangkan pada Februari ada 340 ribu ha siap panen," papar Momon Rusmono.

 

Momon  mengatakan,  luas panen padi  di Kab. Cilacap pada Januari tahun ini mencapai  5.000 ha. Bahkan, pada Februari luas panennya hingga 13 ribu ha.

 

"Dari 5.000 ha itu, ada sebanyak 2.000 ha lahan sawah di Kec. Binangun pada Januari ini panen. Sedangkan di Desa Binangun ada lahan seluas 250 ha siap panen dengan produktivitas  9 ton/ha. Jenis padi yang ditanam  adalah Inpari 34," kata Momon Rusmono.

 

Lantaran mulai Januari tahun ini sejumlah daerah mulai panen padi, diharapkan Perum Bulog segera melakukan Sergap melalui mitra kerjanya. "Satker harus bergerak proaktif. Sergap harus dioptimalkan agar Unit pengolah gabah dan beras  (UPGB) bisa berjalan sehingga stok Bulog akan terjaga," kata Momon.

 

Menurut Momon Rusmono, untuk memudahkan Sergap, Satker Bulog harus tahu wilayah mana saja yang saat ini panen. "Karena itu, Satker Bulog bisa mengajak penyuluh dan Babinsa untuk mengetahui wilayah mana saja yang siap panen,"  kata Momon.

 

Dalam kesempatan yang sama, salah satu perwakilan Bulog dari Kab. Cilacap, Nurdiyanto mengatakan siap melakukan Sergap di kawasan Kecamatan Binangun dan sekitarnya. Bahkan, pihaknya siap melakukan pembelian gabah/padi secara komersial. Artinya, Bulog siap membeli gabah/beras sesuai harga pasar. "Kami siap tampung gabah/beras petani  sesuai harga pasar," ujar Nurdiyanto. Idt/Ira

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162