Loading...

Cianjur Siap Topang Benih Bawang Putih Jabar

17:52 WIB | Thursday, 12-July-2018 | Hortikultura | Penulis : Kontributor

Benih-benih bawang putih siap topang pertanaman Jawa Barat

Selain komoditas cabai, Cianjur ternyata siap menopang benih bawang putih untuk dipasok ke seluruh wilayah Jawa Barat. Sehingga semakin optimis, Indonesia bisa mencapai swasembada bawang putih tahun 2021 mendatang.

 

Kepala Bidang Hortikultura,  Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, Hasan mengungkapkan potensi pengembangan bawang putih di Cianjur mencapai  3.750 Ha yang tersebar di empat kecamatan yaitu Sukaresmi 1.000 Ha,  Pacet 300 Ha, Sukanegara 1.700 Ha dan Cugenang 750 Ha.

 

"Lokasi kami berada di ketinggian 800 -1.200 dpl dengan kondisi agroklimat yang sangat cocok untuk pengembangan bawang putih.  Cianjur siap menjadi sentra baru sekaligus menjadi penyangga benih bawang putih nasional menuju swasembada bawang putih 2021," ungkapnya.

 

Champion bawang putih Kabupaten Cianjur, Ajat Sudrajat menjelaskan bahwa kelompok tani binaannya sangat antusias dalam pengembangan bawang putih.  Hal ini terlihat dari beberapa kelompok tani di wilayah Kecamatan Cugenang dan Cipanas melakukan pertanaman dengan swadaya.

 

"Kelompok kami telah melakukan tanam perdana seluas 5 ha di desa Batu Lawang Kecamatan Cipanas bersama Wakil Bupati Cianjur , Herman Suherman. Ini membuktikan daerah kami konsen dalam mendukung pengembangan bawang putih di Cianjur," tutur Ajat.

 

Hal senada diungkapkan Ketua Gapoktan Mujagi Cipendawa Pacet Cipanas, Suhendar yang telah melakukan pertanaman bawang putih varietas Sangga Sembalun. "Sudah panen dengan luasan 5 ha, hasilnya alhamdulilah bisa 7-8 ton/ha dengan sistem tumpang sari," tuturnya.

 

Ajat menambahkan, kelompok taninya sejak awal sudah berkoordinasi dengan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Jawa Barat agar hasil panennya bisa digunakan sebagai benih untuk pertanaman selanjutnya. "Saat ini benih tersebut kami simpan untuk persiapan benih dan sudah dilakukan proses sertifikasi oleh BPSB Jawa Barat. Kami berharap kelompok bisa menjadi mandiri benih sekaligus menjadi penyangga wilayah Jawa Barat dan bahkan nasional karena potensi yang kami miliki," ungkapnya. 

 

Kasubdit Bawang Merah dan Sayuran Umbi Direktorat Jenderal Hortikultura, Agung Sunusi menuturkan pihaknya akan mendorong Cianjur untuk menjadi sentra dan penyangga benih nasional mengingat potensi sumberdaya alam dan SDM yang cukup besar dan strategis.  "Kami mendorong APBN pada tahun 2018 dengan memberikan bantuan benih,  saprodi dan alsin guna mendorong semangat kelompok tani untuk melakukan pertanaman.  Saat ini Cianjur terus melakukan pertanaman bawang putih dengan varietas dominan: Sangga Sembalun dan Lumbuh Putih," tuturnya.

 

Untuk mencapai swasembada bawang putih 2021, Cianjur juga akan didorong untuk bermitra dengan para importir wajib tanam dan produksi 5 persen. "Saat ini sudah ada 2 importir yang siap bekerja sama dan bermitra dengan kelompok tani di Kabupaten Cianjur, yang tentunya akan memberikan dorongan semangat bagi para petani dalam mengembangkan bawang putih di wilayahnya, " pungkasnya. (gsh)

 

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162