Loading...

Dengan Sungkup Panen Cabai Bisa 25 Kali

16:54 WIB | Monday, 23-April-2018 | Komoditi, Hortikultura | Penulis : Clara Agustin

Tanaman cabai tergolong rentan terhadap serangan hama dan penyakit, karenanya berbagai cara dilakukan petani agar tanamannya dapat tumbuh baik, antara lain menggunakan sungkup dari plastik. Penggunaan sungkup ternyata bisa meningkatkan hasil panen cabai secara signifikan.

 

“Ini luar biasa, penggunaan sungkup plastik membuat tanaman cabai merah keriting varietas Hai-Lux tumbuh dengan subur, tidak terserang penyakit", ungkap Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto saat mengecek perkembangan pertanaman cabai dengan metode sungkup di Kabupaten Banyumas, Jum’at (20/4).

 

Dengan menggunakan sungkup plastik cabai merah keriting tumbuh lebih subur dibanding tanpa sungkup. "Risiko terserang hama dan penyakit patek jadi lebih berkurang,” tambah Prihasto.

 

Petani muda dari Kelompok Tani Ganda Arum dari Desa Ganda Tap, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Gianto menjelaskan, biaya pembuatan sungkup plastik memang mahal, dapat mencapai Rp 70 juta per ha, namun bisa dipakai 10 tahun lebih.

 

“Tapi hasilnya jadi luar biasa. Saya bisa panen sampai 20 kali lebih, bahkan sampai 25 kali, sedangkan tanpa sungkup paling hanya 15 kali panen,” terang Gianto.

 

Varietas cabai yang ditanam adalah varietas Hai-Lux. Varietas ini mampu menghasilkan cabai rata-rata di atas 2 kg per pohon. "Tanpa sungkup tinggi tanaman cabai hanya 1 meter, kalau menggunakan sungkup dapat mencapai 1,6 meter dan bisa bertambah tinggi lagi,” jelas Gianto.

 

Luas pertanaman cabai di Banyumas mencapai 150 ha dan rata-rata ditanam di bulan Januari. Waktu panen awal cabai sekitar bulan April. Dengan penggunaan sungkup plastik, tanaman cabai bisa dipanen sampai bulan Agustus nanti. "Setelah cabai, saya akan coba menanam sawi, bawang, tomat dan sayuran lainnya. Saya yakin dengan sungkup, usaha hortikultura saya pasti berhasil,” pungkas Gianto. Cla/Ira

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162