Loading...

Di Pandeglang, Mentan Canangkan Tanam Perdana MT Okmar

11:50 WIB | Tuesday, 18-October-2016 | Nusantara | Penulis : Julianto

mentan saat tanam serentak di Padeglang

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman Senin (17/10) bersama Gubernur Banten, Rano Karno mencanangkan tanam perdana sebagai tanda tanam serentak pada musim tanam Oktober-Maret 2016/2017. Penanaman perdana dilaksanakan pada sentra produksi padi di seluruh Provinsi Banten.

 

Penanaman dilakukan menggunakan mesin tanam transplenter sebagai bentuk implementasi pertanian modern di Indonesia yang telah dicanangkan pada 20 Oktober tahun lalu. Penanaman menggunakan mesin tanam ini bisa menghemat biaya tanam hingga 40% dan mempercepat penanaman yakni hanya 1 ha/hari dengan hanya dilakukan dua operator.

 

“Kita patut bersyukur, produksi padi menembus 79 juta ton. Kunci keberhasilan kita adalah kerja keras untuk mengelola sumber daya alam yang melimpah,” kata Amran saat memberikan sambutan pencanangan tanam perdana di Pandeglang.

 

Dari hasil kerja keras menurut Amran, Indonesia tidak lagi mengimpor padi, bawang dan cabai. Bukan hanya itu keberhasilan menekan impor jagung hingga 60% dalam tahun ini perlu diapresiasi. “Banten punya potensi besar untuk menopang kebutuhan pangan di DKI. Kerja keras sekali lagi adalah kunci keberhasilan Banten,” kata Amran.

 

Sementara itu Bupati Pandeglang, Irna Narulita berterima kasih terhadap semua bantuan pemerintah kepada petani Pandeglang. Bantuan tersebut berupa alat mesin pertanian, perbaikan irigasi dan bantuan lainnya. Namun demikian, Irna mengaku, petani masih memerlukan bantuan seperti embung untuk pertambahan luas tanam. Tia/Yul

 

 

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162