Loading...

Ekspor Jagung Diambang Pintu Perbatasan

09:52 WIB | Wednesday, 22-March-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Upaya pemerintah menggenjot produksi jagung mulai nampak. Bahkan komoditi pangan nomor dua setelah beras kini sudah berada di ambang pintu masuk pasar luar negeri alias ekspor.

 

Kalkulasi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam tiga bulan ke depan Indonesia sudah bisa mengekspor jagung ke negara tetangga, Timor Leste. Penegasan tersebut disampaikan saat kunjungan ke Motaain, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Motaain merupakan perbatasan Indonesia dan Timor leste sebagai jalur distribusi ekspor. Karena itu nantinya provinsi tersebut menjadi pintu masuk ekspor jagung ke negara yang pernah menjadi bagian Indonesia itu. Bahkan komoditi bawang merah, kacang tanah dan kacang hijau sudah terlebih dahulu diekspor ke Timor Leste.

 

Optimisme pemerintah komoditi jagung bisa menembus pasar ekspor diungkapkan Amran Sulaiman saat panen raya jagung hibrida varietas Srikandi Putoh di Desa Kenebibi, Kabupaten Belu, NTT. Dalam kesempatan itu Mentan ditemani Gubernur NTT Fransiskus Lebu Raya, Bupati Malaka Stefanus Briaseran dan Bupati Belu Willy Broduslay.

 

Untuk bisa meningkatkan produksi jagung, Amran menghimbau kepada petani di Belu dan Malaka memanfaatkan lahan tidur. “Jangan ada sejengkal lahan tidur yang tidak termanfaatkan,” kata Amran.

 

Bahkan Amran menargetkan penanaman jagung seluas 50 ribu ha di Malaka dan 25 ribu ha di Belu. Sebagai upaya pemanfaatan dan perluasan tambah tanam jagung di Belu dan Malaka, Kementerian Pertanian juga menyerahkan bantuan benih, traktor, pompa air, dan cultivator.

 

Selain panen Amran Sulaiman juga dikukuhkan sebagai "Amanai" yaitu Tokoh Adat masyarakat Belu dan Malaka. “Diangkat sebagai Tokoh Adat adalah suatu penghormatan dan juga harus memiliki tanggungjawab mengembangkan pertanian di Belu dan Malaka,” kata Amran. 

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162