Loading...

Evolusi Sistem Alih Teknologi Dalam Penyuluhan Pertanian

11:14 WIB | Monday, 01-August-2016 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Pada dasarnya konsep Penyuluhan Pertanian terbuka untuk umum, dengan 3 subsistem utama yakni penyedia (peneliti), pengguna (petani), dan pengalihan oleh penyuluh. Itu sebabnya objek penelitian harus disesuaikan dengan kebutuhan petani sesuai tingkat perkembangan usaha taninya, termasuk perbedaan dalam implikasi Penyuluhannya.  Berikut disampaikan pointer  ringkasan seperti topik di atas  yang disampaikan oleh Prof Sumarno pada Tgl 18 Pebruari 2016, pada saat  P2SDMP melaksanakan seminar di Depok sbb:

 

1. Kaidah operasional alih teknologi pertanian; (1).Alih teknologi pertanian kepada pengguna yang jumlahnya banyak harus melalui kegiatan penyuluhan. (2). Tingkat teknologi yang diperlukan pengguna sepadan dengan  kemajuan usahataninya. (3). Tingkat teknologi untuk berbagai usahatani di Indonesia tidak seragam. (4). Metode alih teknologi ke berbagai tingkatan usahatani berbeda.5). Individu petani sebagai pengusaha mandiri, bebas memilih teknologi yang akan ia terapkan. (6). Sistem penyuluhan massal, apalagi secara nasional, nampaknya tidak cocok lagi untuk petani abad 21.

 

2. Sub sistem dalam penyuluhan pertanian; (1). Subsistem penyediaan dan akses teknologi/informasi. (2). Subsistem pengemasan dan pengalihan teknologi/informasi. (3). Subsistem target pengguna teknologi/adaptor.

 

3. Sistem penyuluhan formal; (1). Penelitian dan pengembangan teknologi/Litbang; teknologi empiris, teknologi dari pengusaha, adaptasi. (2). Pengemasan, penyediaan, dan pengalihan teknologi (penyuluhan, pelatihan, pelayanan jasa teknologi). (3). Pengadaptasi, pengguna, pengadaptor teknologi (petani)

 

4. Segitiga teknologi; merupakan interaksi anatara Petani/pengguna, peneliti sebagai penghasil teknologi dan penyuluh sebagai penyampai, dengan perincian interaksi  sesuai gambar sbb: Jalur 1:  Alih teknologi +  Adopsi, Jalur 2: Umpan balik. Jalur 3:  Alih teknologi; Jalur 4: Evaluasi; Jalur 5: Kebutuhan teknologi; Jalur 6:  Ajuan masalahkebutuhan teknologi. 

 

5. Domain teknologi segitigaTeknologi; (1). Agroekologi spesifik. (2). Wilayah target masalah spesifik. (3). Wilayah regional kabupaten, provinsi. (4). Program nasional antara pusat- daerah.  Yang berbeda antara domain 1s/d 4 = cakupan substansi

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162