Loading...

Honor Penyuluh Kontrak Naik Mulai April - Oktober 2015

11:30 WIB | Wednesday, 17-June-2015 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Ahmad Soim

Untuk mendukung keberlanjutan swasembada dan percepatan target pencapaian peningkatan produksi padi, jagung, kedelai, gula dan daging sapi tahun 2015, pemerintah menaikkan honor penyuluh pertanian kontrak.

 

Besar kenaikan honor penyuluh pertanian kontrak atau Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) adalah Rp 200 ribu per bulan, mulai bulan April 2015. Kenaikan honor ini dibayarkan selama 7 bulan pada tahun 2015, atau sampai Oktober 2015.

 

Selain itu, Kementerian Pertanian memberikan penyesuaian honor bagi THL-TBPP yang melakukan penyesuaian ijazah. Besar penyesuaian honor ini tergantung penyesuaian ijazah masing-masing THL-TBPP. Data Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian terdapat 68 THL-TBPP yang melakukan penyesuaikan ijazah D3-S1, 1 orang dari D3-D4, 10 orang dari SLTA-D4, dan 172 orang yang melakukan penyesuaian ijazah dari SLTA-S1.

 

Dalam Buku Pedoman Pelaksanaan “Penambahan Honorarium dan Penyesuaian Ijazah THL-TBPP” yang dikeluarkan Pusat Penyuluhan Pertanian dan ditandatangani  Dr. Winny Dian Wibawa dijelaskan penambahan honor THL-TBPP ini diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya dalam mendorong petani meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.

 

THL-TB Penyuluh Pertanian sebagai mitra sejajar petani mempunyai peran strategis dalam pembangunan pertanian. Mereka dituntut lebih profesional dan mandiri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyedia jasa pembelajaran dan konsultan melalui pendamping dan bimbingan pemberdayaan kepada petani/kelompok tani yang menjadi binaannya.

 

Peranan THL-TB Penyuluh Pertanian menjadi amat strategis dalam melaksanakan tugas pendampingan dan konsultasi bagi petani/kelompok tani dalam mengembangkan usaha agribisnisnya yang menguntungkan dan berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya.

 

Dengan peran strategis itu, Kementerian Pertanian salah satunya memberikan apresiasi dan motivasi kepada penyuluh pertanian THL-TB Penyuluh Pertanian dengan memberikan penghargaan, menambah honorarium sebesar Rp. 200.000,- dan peningkatan pendidikan melalui penyesuaian ijasah.

 

Sebanyak 20.439 orang THL-TBPP yang dinaikkan honornya dan 307 orang THL-TB Penyuluh Pertanian yang dilakukan penyesuaian ijasahnya. THL-TB Penyuluh Pertanian tersebut adalah yang direkrut oleh Kementerian Pertanian Tahun 2007 s/d 2009 yang masih tercantum dalam Keputusan Menteri Pertanian No. 54/Kpts/SM.610/1/2015 tentang Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluhan Pertanian - Kementerian Pertanian Tahun 2015.

 

Tahapan Pembayaran

 

Penambahan Honorarium THL-TB Penyuluh Pertanian sebanyak 20.439 orang dan THL-TB Penyuluh  Pertanian yang disesuaikan ijasahnya sebanyak 307 orang dilakukan bulan April - Oktober 2015 (7 bulan) dengan beberapa tahapan.  

 

Pertama, menyusun Petunjuk Teknis Penambahan Honorarium dan Penyesuaian Ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian sebagai dasar operasional pembayaran honorarium dan penyesuaian ijasah; Kedua, verifikasi data Penambahan Honorarium dan Penyesuaian Ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian ; Ketiga, pembuatan SK KPA Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian tentang Penambahan Honorarium THL-TB Penyuluh Pertanian dan SK Penyesuaian Ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian ;

 

Keempat, penambahan Honorarium dan Penyesuaian Ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian Angkatan I, II dan III dibayarkan selama 7 bulan; Kelima, penandatanganan Kontrak Kerja THL-TB Penyuluh Pertanian untuk Penyesuaian Ijasah; Keenam, penerbitan SK KPA Satker Dana Dekonsentrasi lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian; Ketujuh, penambahan Honorarium THL-TBPP dibayarkan pada awal bulan untuk pembayaran bulan sebelumnya berdasarkan SK KPA Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Tahun 2015; kedelapan, evaluasi kinerja THL-TBPP; dan Kesembilan, pelaporan pelaksanaan.

 

Pembayaran tambahan honorarium dan penyesuaian ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran Satker Provinsi yang selanjutnya ditransfer ke rekening masing-masing.

 

Pembayaran   tambahan   honorarium   dan   penyesuaian   ijasah   tersebut berdasarkan : a) SK Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian selaku KPA Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian; b) SK KPA Satker Dana  Dekonsentrasi  lingkup  Badan  Penyuluhan  dan Pengembangan SDM Pertanian.

 

Pembiayaan Penambahan Honorarium dan Penyesuaian Ijasah THL-TB Penyuluh Pertanian dibebankan pada anggaran satuan kerja Dana Dekonsentrasi lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui APBN-P Tahun 2015. Som

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Julianto

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162