Loading...

IKH Pangkalan Bun Resmi Beroperasi

21:26 WIB | Friday, 03-November-2017 | Karantina, Non Komoditi | Penulis : Clara Agustin

Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini meresmikan Instalasi Karantina Hewan (IKH) di wilayah kerja Karantina Palangkaraya, Pangkalan Bun, Jumat (13/11).  Dengan beroperasinya IKH tersebut diharapkan dapat menunjang kelancaran pelaksanaan tindakan karantina, terkait pemasukan sapi dari luar negeri.

 

Banun mengatakan, peresmian IKH Pangkalan Bun ini merupakan bagian dari upaya cegah tangkal masuknya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) ke dalam wilayah RI, khususnya Kalimantan Tengah.  Diharapkan penanganan importasi sapi nantinya dapat berjalan lancar dan kesehatan sapi terjamin.

 

“Langkah menuju swasembada daging menjadi semakin mantap, serta upaya cegah tangkal HPHK menjadi semakin efektif,” ujar Banun.

 

Dengan adanya fasilitas IKH, berarti meningkatkan peranan Badan Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya, khususnya wilayah kerja Pangkalan Bun. Khususnya, dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan konsumsi daging sapi yang sehat dan berkualitas untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

 

Sementara itu Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah yang juga hadir dalam peresmian IKH Pangkalanbun menyampaikan, bahwa prioritas pembangunan daerahnya berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat. Daging sapi sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

 

Nurhidayah berharap, ke depan Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya kabupaten Kobar dapat meningkatkan jumlah populasi sapi. Dengan demikian, selain dapat memenuhi kebutuhan daging sapi yang sehat dan berkualitas untuk masyarakat Kobar, juga mampu mensuplai kebutuhan masyarakat di Kalimantan, bahkan wilayah lain di Indonesia.

 

Anggota Komisi IV DPR RI, Hamdani mengatakan, peningkatan IKH ke depan akan menjadi prioritas usulan anggota dewan. Termasuk penambahan kapasitas daya tampung IKH di Pangkalan Bun beserta kelengkapannya.

 

Hal tersebut tentunya memberikan peluang Badan Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya, khususnya wilayah kerja Pangkalan Bun, memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi pembangunan Kabupaten Kobar, terutama pemenuhan kebutuhan konsumsi daging sapi yang sehat dan berkualitas. Cla/Yul

 

 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162