Loading...

Indeks Ketahanan Pangan Indonesia Naik

11:02 WIB | Monday, 01-August-2016 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

Pembangunan infrastruktur pertanian yang dijalankan Kementerian Pertanian berhasil meningkatkan indeks ketahanan pangan global Indonesia dari peringkat ke 74 menjadi 71 dari 113 negara. Data kenaikan peringkat ini dipublikasikan oleh  The Economist Intelligence Unit.

 

Infrastruktur pertanian yang dibangun pada era Menteri Pertanian Amran Sulaiman adalah  rehabilitasi irigasi, optimasi lahan, alat mesin pertanian (alsintan) dengan jumlah bantuan yang sangat besar.

 

Sepanjang 2015, Kementan melakukan rehabilitasi irigasi tersier 2,6 juta hektar (ha), optimasi lahan 932 ribu ha dan bantuan alsintan 80 ribu unit. Hasilnya, terjadi luas tambah tanam 630 ribu hektar,  produksi pangan seperti padi naik 6,37 persen, jagung naik 3,17 persen, dan kedelai naik 0,85 persen. Produksi tiga komoditas naik semuanya dalam satu tahun.

 

Pembangunan infrastruktur pertanian itu juga berimbas pada naiknya  tingkat kepuasan petani. Petani merupakan pelaku utama penerima manfaat program pemerintah, sehingga dengan mereka puas, maka bisa  menjadi indikator penting tentang  keberhasilan sebuah program.

 

Tingkat kepuasan petani pada program pembangunan infrastruktur pertanian sepanjang 2015 dapat dilihat dari hasil survei lembaga independen,  Insititute for Development of Economics and Finance (INDEF). Tingkat kepuasan petani pada pembangunan irigasi tersier 72,25 persen. Pada bantuan alsintan, sebagian besar petani sangat puas. Misalnya, kepuasan petani pada bantuan traktor 78,97 persen, pompa air 78,1 persen, dan combine harvester 82,61 persen. Artinya program mekanisasi pertanian memberikan manfaat bagi petani.

 

Nilai Indeks Ketahanan Pangan Global ditentukan oleh tiga aspek, yaitu Keterjangkauan, Ketersediaan, serta Kualitas dan Keamanan. Aspek Keterjangkauan dan Ketersediaan untuk Indonesia meningkat cukup drastis sehingga menjadi aspek yang dominan mempengaruhi kenaikan nilai indeks secara keseluruhan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162