Loading...

Indonesia Siapkan Jagung Permintaan Malaysia dan Philipina 4 Juta Ton

16:03 WIB | Monday, 13-November-2017 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

Negara Malaysia dan Philipina memerlukan jagung sebanyak 4 juta ton dari Indonesia. “Kita harus layani itu,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman  usai Rapat Koordinasi Membangun Padi Organik 300 ribu ha di Propinsi Kalimantan Tengah di Palangkaraya (13/11).

 

 

 

Saat ini lanjut Mentan, Indonesia  sudah swasembada jagung, bahkan  sudah ekspor jagung. “Ada Negara tetangga Malaysia dan Philipina perlu 4 juta ton jagung. Nilainya Rp 12 triliun,” tambah  Mentan.

 

 

 

 Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan peningkatan produksi jagung dalam negeri, khususnya Kalimantan Tengah. “Di Kalimantan Tengah ini mudah mudahan bisa kita siapkan lahan jagung dengan luas mencapai 100 ribu ha. Kami berikan benih dan pupuk gratis dari pusat, nilainya  kurang lebih Rp 200 miliar,” kata Amran Sulaiman.

 

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengungkapkan ada lahan yang subur dan luas untuk pengembangan jagung di Kalteng. "Lahan kita subur.   Ada lahan 3,9 juta ha yang sudah dapat ijin. Sebanyak 1,9 juta ha diantaranya sudah ditanami. Bagi lahan yang tidak segera ditanami, kita segera beri peringatan. Kita  akan kembangkan Kalteng sebagai lumbung padi organik, jagung dan peternakan sapi," tambah Gubernur Kalteng. Som

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162