Loading...

Investasi Penggemukan Sapi, Membuka Ruang Meraih Peluang

09:36 WIB | Monday, 31-October-2016 | Mimbar Penyuluhan | Penulis : Kontributor

Daging sapi boleh disebut yang paling diminati masyarakat. Keberadaannya sangat strategis dan memegang peranan penting. Perlu upaya keras dari berbagai pihak agar Indonesia bisa meningkatkan produksi dan swasembada daging.

 

Salah satu upayanya di antaranya adalah melalui usaha peternakan sapi potong atau penggemukan sapi pedaging.

 

Kalau para peternak sapi lokal secara serentak mau ikut berpartisipasi aktif meningkatkan populasi dan memaksimalkan pola pembesarannya, tentulah hasilnya menjadi lain. Kebanyakan para peternak kecil berpikir bahwa berternak sapi hanyalah untuk sekedar tabungan atau sambilan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Memang, dari segi keuntungannya yang diperoleh sudah lumayan untuk sekali panen, namun jika skala produksi hanya sebegitu aja dan tidak berani mengembangkannya, maka selamanya kondisi ini hanya akan jalan di tempat. Untuk itulah, betapa penting digalakkannya usaha penggemukan sapi di berbagai daerah di tanah air.

 

Analisa Swot

 

Usaha penggemukan sapi di Indonesia, kalau dilihat dari berbagai sisi sangatlah menjanjikan. Kenapa tidak, negara kita merupakan negara tropis yang di dalamnya melimpah sumberdaya yang dapat dimanfaatkan. Sebagai contoh, untuk kebutuhan pakan sapi saja, terutama di perdesaan kita tidak perlu lagi terlalu pusing memenuhinya. Sebab, sudah ada berbagai jenis pakan alami yang disediakan oleh alam.

 

Demikian juga apabila menggunakan pakan dengan memanfaatkan teknologi buatan, kualitasnya tidak akan kalah dengan pakan impor. Ditambah lagi, hampir semua bahan bakunya mudah didapat. Tinggal bagaimana kesadaran dan kesabaran para peternak lokal dalam menjalankan usahanya.

 

Berdasarkan kajian, analisa, bukti empiris serta didukung dengan pengalaman masyarakat di lapang menunjukkan bahwa peluang usaha penggemukan sapi untuk mewujudkan swasembada daging masih cukup realistis.

 

Tinggal bagaimana memanfaatkan kekuatan yang dimiliki, menghilangkan kelemahan yang ada, merealisasikan peluang serta mengubah ancaman menjadi kesempatan yang menguntungkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat satu persatu sebagai berikut:

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162