Loading...

Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok di Palembang Stabil

21:40 WIB | Wednesday, 30-May-2018 | Nusantara | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo melakukan sidak stabilisasi harga bahan pokok di Pasar Lemabang, Palembang

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, harga bahan pokok di beberapa daerah dikhawatirkan naik ternyata tidak terbukti di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Di kota Mpek-mpek tersebut, harga cenderung stabil bahkan menurun untuk komoditas tertentu.

 

Kenyataan tersebut terlihat saat Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo beserta rombongan melakukan kunjungan ke Pasar Lemabang Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/5) dalam rangka meninjau ketersediaan dan distribusi serta kenaikan harga bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 H. Palembang menjadi tempat yang dikunjungi karena memiliki basis ekonomi yang kuat dan masyarakatnya juga kritis akan setiap perubahan harga yang terjadi.

 

Dari hasil sidak, harga bahan pokok di Pasar Lemabang cenderung stabil bahkan menurun untuk beberapa komoditi. Misalnya, harga ayam yang semula berada di angka Rp 45 ribu kini menjadi Rp 35 ribu. Harga telur ayam dari Rp 23 ribu, saat ini Rp 21 ribu. Sementara itu, untuk daging ditingkat penjual harganya stabil di harga Rp 130 ribu.

 

Meskipun stabil, beberapa pedagang yang ditemui Edhy Prabowo mengaku harga biasanya merangkak naik saat H-7 (satu minggu jelang Hari Raya Idul Fitri). Menanggapi hal tersebut, Edhy menegaskan bersama dengan kementerian terkait dan instansi lainnya akan mengontrol bersama-sama. "Yang jelas Kita harus jamin stok, suplai dan distribusinya," pungkasnya.

 

Edhy menambahkan DPR RI akan berperan terus dalam mengawal dan mengawasi setiap pergerakan harga bahan pokok yang terjadi di lapangan. " Kita juga berharap juga semua stakeholder termasuk Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) satu irama dengan industri juga," tambahnya.

 

Dalam kunjungan ini juga hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Pending Dadih Permana; Sektretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan, Mulyadi Hendiawan; Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto; Direktur Keuangan Perum BULOG, Triyana.  (tia/gsh)

 

 

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162