Loading...

Kabupaten Banyuasin Tingkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian melalui IKPP

08:56 WIB | Friday, 08-June-2018 | Suara Tani | Penulis : Kontributor

Penyuluhan pertanian ditingkatkan melalui IKPP

Sektor pertanian memegang peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional, bidang pertanian yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap penyediaan pangan.

 

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) sangat mendukung  Program Upaya Khusus (UPSUS). Peran Penyuluh Pertanian sangat penting dalam mendampingi dan mengawal program tersebut. Untuk itu diperlukan peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian agar dapat mempercepat proses peningkatkan produksi dan produktivitas melalui upaya untuk mendorong gerakan petani secara masif dalam percepatan tanam.

 

Kinerja Penyuluh Pertanian harus terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Oke karena itu penilaian kinerja penyuluh pertanian PNS dan THL-TB Penyuluh Pertanian, diharapkan dapat berjalan efektif.

 

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah, pada pertemuan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Banyuasin tanggal 7 Juni 2018 di Aula SMKPP Sembawa. Pada kegiatan tersebut hadir pula Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan dan segenap jajaran koordinator penyuluh pertanian kecamatan se-Kabupatem Banyuasin. Siti Munifah menegaskan bahwa kebijakan penilaian Kinerja Penyuluh Pertanian dengan Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian (IKPP) PNS dan THL-TB dalam rangka mendorong dan mengetahui capaian hasil kinerja penyuluh pertanian.

 

IKPP merupakan kebijakan untuk mengevaluasi kinerja penyuluh pertanian melalui Laporan Hasil Kinerja Penyuluh Pertanian (LHKPP) yang wajib dibuat dan harus dilaporkan secara harian dan bulanan oleh Penyuluh Pertanian, meliputi: Pendampingan dan Pengawalan UPSUS Program Pembangunan Pertanian; Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan; Pengawalan Penyerapan Gabah/Beras; dan Penyampaian Informasi Pertanian melalui media sosial (Medsos).

 

Laporan tersebut disampaikan melalui on line baik versi Android maupun berbasis web (App00.pertanian.go.id<wbr />evaluh). Siti Munifah menekankan LHKPP sebagai bahan analisis yang akan digunakan oleh Tim Pembina IKPP di setiap tingkatan kelembagaan penyuluhan pertanian pemerintah dan pemerintah daerah untuk memberikan reward dan punishment. Melalui LHKPP kinerja penyuluh semakin terukur dalam mendukung program strategis pembangunan pertanian, pungkas Siti Munifah.

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162