Loading...

Kelompok Tani Massewae Lulus Sekolah PHT

15:10 WIB | Friday, 14-February-2014 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Kelompok tani Massewae di Desa Kaballangang, Kecamatan Duampanua, Pinrang sukses melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). Kegiatan tersebut mengarah pada perlindungan tanaman yang dilaksanakan dengan sistem pengendalian hama terpadu (PHT). “PHT ini berbasis pengelolaan agroekosistem meliputi budidaya tanaman sehat, pelestarian musuh alami dan pengamatan berkala dan berkesinambungan,” ungkap Fatmawati Sutari, SP, penyuluh pertanian Desa Kabbalangan, Pinrang.

 

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Duampanua, Syahrir, SP mengatakan SL-PHT yang dilaksanakan beberapa waktu lalu diikuti oleh sejumlah anggota kelompok tani dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menambah pengetahuan dan manfaat dalam pelaksanaan bercocok tanam padi.

 

Dijelaskan Fatmawati Sutari, kelompok tani yang mengikuti SLPHT menerapkan sistem pendidikan partisipasi bagi petani dengan pendekatan orang dewasa yang merupakan investasi jangka panjang untuk meningkatkan mutu dan daya saing sumberdaya petani. Aktivitas yang dilakukan seperti menggambarkan agroekosistem, menganalisa dan mendiskusikan hasil pengamatan dari petak perlakuan PHT dan petak perlakuan petani, menyimpulkan serta menerapkan pengetahuan yang didapatkan dalam kegiatan SL-PHT pada lahan masing-masing petani.

 

Sebagai hasil akhir kegiatan SL-PHT ini, kelompok tani pelaksana SL-PHT banyak memperoleh tambahan pengetahuan khususnya tentang pengenalan jenis serangga hama dan musuh alami yang perlu dilestarikan serta teknologi budidaya tanaman padi. SLPHT ini juga diharapkan dapat menjadikan petani sebagai ahli PHT dan menjadi narasumber untuk menyelesaikan masalah yang ada minimal di dalam kelompoknya sendiri. (Abdul Salam Atjo dan Fatmawati Sutari)

 

 Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Editor : Julianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162