Loading...

Kementan Bantu Kalteng Kembangkan 300 Ribu Ha Padi Organik

16:35 WIB | Monday, 13-November-2017 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim
Mentan Amran Sulaiman menuju Heli yang akan membawanya melihat potensi lahan food estate padi organik dari udara

Mentan Amran Sulaiman menuju Heli yang akan membawanya melihat potensi lahan food estate padi organik dari udara

Kementerian Pertanian membantu Provinsi Kalimantan Tengah membangun lumbung padi organik seluas 300 ribu ha. Pengembangannya dipusatkan  di tiga kabupaten di Kalteng yakni Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Palangkaraya.

 

 

 

“Kami menindaklanjuti perintah  Presiden RI, agar Kalteng bisa kita jadikan lumbung padi organik 300 ribu ha,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai Rapat Koordinasi Membangun Padi Organik 300 ribu ha di Propinsi Kalimantan Tengah di Palangkaraya (13/11).

 

 

 

Varietas padi organik yang akan dikembangkan, lanjut Mentan akan dipilih yang  disenangi konsumen. “Khususnya konsumen luar negeri, karena ini khusus untuk ekspor,” tambahnya.

 

Lahan untuk pengembangan food estate padi organik tersebut sudah siap. “Tinggal perijinannya,” tambah Mentan. “Kami akan bantu untuk perijinannya dengan Menteri Kehutanan dan Kepala BPN,” tambahnya.

 

Kemeterian Pertanian meminta agar Pemerintah Provinsi Kalteng membentuk tim untuk mewujudkan food estate padi organik.

 

Kawasan Ternak Sapi

 

Kalimantan Tengah juga menyiapkan lahan untuk pengembangan kawasan ternak sapi seluas 50 ribu ha. “Populasi sapi kita harus tingkatkan terus menerus,”kata Mentan.

 

Amran mengatakan sudah ada investor local yang ingin membangun kawasan tenak sapi integrasi dengan jagung dan sawah padi. “Kami senang karena ada investor lokal yang ingin  membangun jagung, sawah dan sapi. Kami terimaskih dan kami bantu untuk perijinan lahannya,” katanya. Som

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162