Loading...

Kementan Hadirkan Industri Prosesing Karet

07:51 WIB | Friday, 20-October-2017 | Kebun | Penulis : Indarto

 

 

Keluhan sejumlah petani karet di Kalimantan Barat didengar oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 Tahun 2017 di Makodam XII,Tanjungpura, Kubu Raya (19/10).

 

 

 

Para petani karet itu mengatakan selama lima tahun terakhir hidupnya dalam kesulitan karena harga getah karet yang rendah. Mereka meminta kepada Menteri Pertanian membuat langkah terobosan untuk membantu memperbaiki nasibnya .

 

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman  mengatakan untuk mengatasi kondisi suram petani karet, Kementerian Pertanian berusaha menghadirkan industry pengolahan karet dekat dengan perkebunan rakyat, dari mulai industri alat-alat kebutuhan rumah tangga sampai mengolah getah karet untuk campuran aspal.

 

 KementerianPertanian menggandeng Kementerian Perindustrian untuk menghadirkan industry pengolahan karet   di daerah-daerah sentra perkebunan rakyat.  

 

Untuk kebun-kebun karet petani yang sudah tua, Kementerian Pertanian perlu memprogramkan replanting/ peremajaan dengan bibit karet yang lebih unggul. Harapannya petani karet bisa memperoleh produksi getah karet yang lebih tinggi, sehingga pendapatannya bisa meningkat. (idt)

Editor : Pimpinan Redaksi

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162