Loading...

Lantana, Gulma Nan Berkhasiat

09:58 WIB | Wednesday, 17-July-2013 | Hortikultura, Komoditi | Penulis : Kontributor

Lantana adalah tumbuhan asli Indonesia yang dikenali dengan beberapa nama. Antara lain telekan, saliara, tembelekan, cente manis atau sasahangan. Tanaman tersebut banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman bunga, baik bunga di halaman rumah maupun di taman-taman, banyak juga yang tumbuh liar.

 

Warna bunganya yang ungu sangat menarik, sehingga masyarakat banyak menanam untuk penhias taman. Nama latin species Lantana yang banyak ditanam sebagai bunga halaman atau taman tersebut itu adalah Lantana acuelata L.

 

Sedangkan jenis Lantana yang lain yakni Lantana camara L, termasuk golongan tanaman gulma berdaun sempit yang sering dijumpai di semak-semak, ladang atau lahan kering. Sering juga dijumpai di pematang-pematang sawah terutama di Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan atau Sumatera.

 

Namun tak banyak yang tahu jika tanaman tersebut mempunyai khasiat sebagai bahan pestisida organik. Baik untuk mengusir atau mencegah insekta maupun sebagai bahan fumigen dalam kegiatan fumigasi. Terutama untuk menjaga hama maupun penyakit di tempat-tempat penyimpanan bahan pangan, penyimpanan bibit atau benih agar benih, bibit atau bahan pangan tidak rusak.

 

Di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara, Lantana camara sudah lama dikenali sebagai bahan pestisida nabati. Tapi di daerah lain di Indonesia masih belum banyak diketahui masyarakat, bahwa tanaman tersebut mempunyai khasiat multiguna bagi dunia pertanian. Terutama sebagai bahan yang bisa digunakan sebagai pestisida nabati dan bahan fumigen yang tepat, hemat dan sangat berkhasiat.

 

Sebagai fumigen Lantana Camara berfungsi untuk menahan hama maupun penyakit yang diakibatkan oleh jamur atau fungi. Terutama pada benih yang disimpan seperti, benih padi, jagung, kedelai, ataupun benih dalam bentuk biji-bijian, baik dari produk tanaman pangan maupun tanaman hortiklultura dan sayuran.

 

Bagi petani di perdesaan sangat penting karena biasanya mereka tak memiliki alat atau tempat penyimpanan benih yang cukup mampu menahan gangguan hama dan jamur.  Lantana camara ternyata berkhasiat menjaga keawetan benih yang perlu disimpan. Sebab, tanaman ini mampu menolak kehadiran hama dan jamur atau fungi yang akan merusak atau mengurangi kualitas benih simpanan tersebut.

 

Editor : Ika Rahayu

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162