Loading...

Mat Aji, Kuasai Ilmu Reproduksi dan Penggemukan Sapi

09:11 WIB | Monday, 13-June-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Ika Rahayu

Tak harus mengenyam pendidikan tinggi untuk bisa menguasai ilmu tentang pembibitan atau penggemukan ternak. Setidaknya Mat Aji, peternak asal Kabupaten Lampung Tengah bisa membuktikannya. Mengaku tak memiliki ijazah apapun, pria ini berhasil menjadi peternak sekaligus pedagang sapi yang handal.

 

“Makanya saya ini jangan diminta untuk presentasi, bapak-bapak dan ibu-ibu kasih saja pertanyaan biar nanti saya jawab,” ujar Mat Aji manakala beberapa waktu lalu serombongan peternak dan pengusaha penggemukan sapi anggota Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) berkesempatan melihat dari dekat usaha peternakannya di kawasan Desa Adi Jaya Lampung Tengah.

 

Maka sederet pertanyaan seputar kegiatan pemeliharaan dan pembibitan ternak pun disampaikan oleh para tamu. Mat Aji dengan segala kepolosannya membabat habis semua pertanyaan yang diajukan. Di antara yang hadir bahkan ada yang langsung menyatakan hasratnya untuk membeli indukan dan sapi bakalan milik Mat Aji.

 

Bagaimana tak tertarik untuk langsung membeli? Karena kenyataannya sapi-sapi bakalan dan indukan siap jual yang ada di peternakan ayah dua anak ini rata-rata performa fisiknya menarik untuk di pandang dengan kisaran berat badan 700 kg hingga 1 ton.

 

“Setiap bulan saya bisa menghasilkan anakan hingga 30 ekor, karena itu jumlah sapi saya terus bertambah,” jelas Mat Aji sambil menjelaskan bahwa pihaknya memelihara aneka jenis sapi, baik sapi lokal maupun sapi eksotik.

 

Ada sapi Limosin, Simental juga ada sapi Bali, Ongole dan sapi PO yang permintaannya di masyarakat cukup tinggi. ”Saya biasa menjual sapi di kisaran harga Rp 15–20 juta per ekor tergantung berat badan dan jenis sapinya,” jelas lelaki kelahiran 1965 itu.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162