Loading...

Melihat Aksi Petani Muda-Babinsa Menyetir Rice Transplanter

10:54 WIB | Tuesday, 07-February-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Indarto

Jumat (27/1) pagi ada yang tampak tak biasa di lahan perbenihan milik Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo. Di lokasi yang berada di sekitar kawasan pantai wisata Patek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, terlihat sejumlah anak-anak muda dan anggota Babinsa.

 

Keceriaan dan keriangan terlihat di wajah-wajah mereka. Jika selama ini generasi muda lebih senang mengendarai sepeda motor dan kebut-kebutan di jalan raya. Tapi energi muda tersebut bisa disalurkan ke kegiatan yang lebih positif. Generasi muda bersama anggota Babinsa tengah berlatih mengendarai alat mesin rice transplanter.

 

Pelatihan yang digelar Kelompok Tani (Poktan) Muja bersama Kodim 0823 Situbondo dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Situbondo tersebut diikuti 10 anggota Kodim, 16 orang Babinsa di 16 kecamatan dan anggota Poktan/Gapoktan sebanyak 14 orang.

 

Pelatihan cara menggunakan mesin rice transplanter selama satu hari ini, bukan hanya dengan pendekatan teori, tapi terjun langsung ke lapangan. Tak mengherankan, sosialisasi dan pelatihan menggunakan alat tanam itu juga menarik minat generasi muda.

 

Perkenalkan ke Masyarakat

 

Menurut Ketua Poktan Muja, Kusnadi, sosialisasi dan pelatihan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan mekanisasi ke masyarakat melalui Babinsa di masing-masing Koramil di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo.

 

“Pelatihan ini juga kita berikan kepada pemuda yang tergabung dalam kelompok tani dan Gapoktan agar nantinya lebih terampil dalam menggunakan mesin rice transplanter,” kata Kusnadi.

 

Pelatihan menyetir mesin rice transplanter juga ditujukan kepada anggota Babinsa dan Koramil. Mengapa demikian? Kusnadi mengatakan, karena TNI melalui anggota Babinsa di lapangan bisa mengawal Upsus Pajale (padi-jagung-kedelai) di masing-masing desa.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162