Loading...

Melody eks JKT48 :Bangga Indonesia Bisa Ekspor Produk Pertanian di ASEAN

19:52 WIB | Friday, 22-June-2018 | | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Dalam peringatan Hari Krida Pertanian ke 46 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, ada wajah bening yang menarik perhatian peserta upacara. Dia adalah Melody Nurramdhani Laksani yang merupakan eks member JKT48. Dirinya bahkan mengaku bangga Indonesia bisa membuktikan diri sebagai salah satu pengekspor produk pertanian berkualitas.

 

Meskipun telah dinyatakan graduate dari idol grup JKT 48, Melody ternyata punya kesibukan baru yang bejibun. Mulai menjadi General Manager JKT 48 hingga menyandang gelar Duta Persahabatan Bidang Pangan dan Pertanian Jepang-Asean sejak Februari 2018. Dan menghadiri Hari Krida Pertanian jadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan barunya tersebut.

 

Melody mengaku telah melakukan beberapa perjalanan ke beberapa negara tetangga untuk membicarakan proyek pertanian antara Jepang-Asean. "Tapi untuk lebih lanjutnya nanti dibicarakan lagi dengan Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman)," katanya.

 

Menurutnya proyek pertanian di negara-negara kawasan ASEAN sudah maju. Namun, justru banyak sisi negatif yang justru banyak terekspos. Lulusan Sarjana Pertanian Universitas Padjajaran ini mengaku bangga dengan Indonesia karena sudah banyak produk impor yang dihentikan bahkan mampu menjadi salah satu negara pengekspor produk pertanian ke beberapa negara ASEAN lainnya. "Sebenarnya pertanian Indonesia itu sudah maju dan berkembang," tuturnya.

 

Ajak Generasi Muda

 

Melody pernah mengaku bercita-cita menjadi Menteri Pertanian Indonesia di suatu saat nanti. Karena itu, dalam setiap kesempatan Melody selalu berusaha mengajak anak muda Indonesia untuk peduli dengan pertanian dengan dimulai dari diri sendiri. Misalnya menanam hidroponik di rumah. Jika biasanya konsumsi cabai dari membeli, sekarang bisa nanam sendiri di pekarangan rumah. "Jadi mulai dari hal yang kecil lebih peduli dengan pertanian," tuturnya.

 

Dirinya melihat sendiri bagaimana Indonesia mempunyai potensi besar yang tidak kalah dengan negara lainnya. "Karena itu, butuh kepedulian dari generasi muda," tuturnya. Melody sendiri berpesan agar generasi muda Indonesia jangan takut berkecimpung di dunia pertanian karena di masa depan berperan aktif dalam memajukan pertanian. 

 

Gadis kelahiran 24 Maret 1992 ini mengakui bidang pertanian memang kalah populer dibandingkan sektor lainnya karena asumsi lapangan kerja yang terbatas. Padahal sektor pertanian tidak melulu soal bertani di sawah becek sebab dengan adanya teknologi, bertani bisa menjadi lebih mudah.

 

Melody mengatakan negara Jepang bisa menjadi contoh inspirasi dalam mengelola pertanian di Indonesia. "Jepang mampu menerapkan teknologi tinggi dalam pertaniannya. Kita bisa mengadopsinya untuk diterapkan di Indonesia. Pemerintah Jepang pun sangat memfasilitasi petaninya. Saya berharap Indonesia pun bisa seperti itu," harapnya. (tia/gsh)

 

 

 

 

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162