Loading...

Melongok Masa Depan di Museum Perkebunan Indonesia

10:22 WIB | Thursday, 22-December-2016 | Nusantara | Penulis : Ahmad Soim

Sebuah museum selalu diidentikkan dengan masa lalu. Namun tidak untuk Museum Perkebunan Indonesia. Museum ini dengan data, teknologi dan ragam komoditi hilir perkebunan mampu menggambarkan masa depan perkebunan Indonesia.

 

Memasuki gedung Museum Perkebunan Indonesia yang terletak di Jalan Brigjen Katamso No. 53 Medan ini jauh dari sekedar romantika masa lalu. Disainnya bernuansa modern dan masa depan. Museum ini juga sangat mencerahkan khasanah ilmu pembangunan dan teknologi perkebunan. Lebih dari itu, museum ini bisa menghibur pengunjungnya.

 

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Sabtu (10/12) meresmikan Museum Perkebunan Indonesia ini yang dirangkai dengan peringatan Hari Perkebunan yang jatuh setiap tanggal 10 Desember.

 

Masuk ke ruangan museum ini terlihat ruangan yang ditata secara indah berisi kekayaan alam Indonesia dan data serta ragam produk komoditi perkebunan Indonesia. "Museum Perkebunan ini selain mengabadikan masa lalu, juga memberikan pencerahan ilmu, teknologi dan prospek ekonomi masa depan perkebunan. Connecting the past to the feature," jelas Soedjai Kartasasmita penggagas Museum Perkebunan Indonesia (Musperin).

 

Komodi kelapa sawit, salah satu komoditi perkebunan Indonesia, adalah masa depan energi sekaligus ekonomi Indonesia di tengah semakin menipisnya energi fosil. Dari kelapa sawit bisa dihasilkan biofuel yang terbaharui dan ramah lingkungan. Indonesia bisa menjadi produsen biodiesel terbesar di dunia dari hasil sawitnya.

 

Museum ini terdiri dari luar ruangan dan dalam ruangan. Di luar ruangan terdapat pesawat terbang dan lokomotif tua. Ada juga lori pengangkut sawit dengan kapasitas angkut hingga 50 ton, yang dipakai sejak 1982 sampai 2015 di perkebunan Aek Loba. Ruang pameran di dalam ruang terdiri dari dua lantai. Lantai satu dan lantai dua menampilkan sejarah perkebunan Indonesia, komoditas perkebunan, dan berbagai artefak yang berkaitan dengan perkebunan Indonesia.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162