Loading...

Menengok Rumah Tempe Indonesia, Belajar Membuat Tempe yang Higienis

13:37 WIB | Monday, 30-January-2017 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Tiara Dianing Tyas

Selama ini industri tempe terkesan kumuh, kotor dan bau. Namun kesan itu akan hilang jika kita berkunjung ke Rumah Tempe Indonesia (RTI). Bersih dan sehat. Itulah kesan yang akan terasa.

 

RTI dibangun tahun 2011 dan diresmikan pada 6 Juni 2012 ini mempunyai cara berbeda untuk memproduksi tempe yang higienis dan jauh dari kesan kumuh. RTI adalah salah satu diversifikasi usaha milik Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) dan merupakan inisiasi tiga organisasi yaitu Mercy Corps Indonesia, KOPTI Kabupaten Bogor dan Forum Tempe Indonesia (FTI).

 

“Tujuannya, kita ingin memberikan gambaran atau contoh konkrit bagaimana industri tempe yang memenuhi standar keamanan pangan. Ini tidak berbentuk pabrik, melainkan industri,” kata Ketua KOPTI dan Pimpinan RTI, Sukhaeri kepada Sinar Tani, beberapa waktu lalu.

 

RTI didirikan sebagai kepedulian atas situasi dan kondisi perajin tempe. Di tempat tersebut, perajin ingin diberikan gambaran nyata (prototipe) terhadap tempat produksi tempe yang ideal yaitu sebuah tempat produksi layaknya industri, kecil yang sederhana, murah, mudah dan ramah lingkungan.

 

Sederhana dimaknai tidak besar. Artinya sesuai dengan besaran kebanyakan Industri tempe perajin. Murah karena bangunannya cukup sederhana, tapi fasilitas-fasilitas untuk proses produksi dapat terpenuhi. Mudah karena setiap perajin sudah memiliki tempat produksi, sehingga tinggal menyempurnakan.

 

Begitupun harus ramah lingkungan yakni alat-alat produksi yang digunakan harus yang aman untuk produk olahan pangan. Maksudnya, bukan alat bekas pakai dan mudah berkarat. Hal ini agar lingkungan sekitar tempat-tempat produksi tidak tercemari dan terganggu. Selain itu ramah lingkungan bagi perajin dan pekerja produksi, sehingga kenyamanan dan keamanan perajin menjadi perhatian.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162