Loading...

Omset Miliaran Rupiah, Tiga Kelompok Perikanan Terima Penghargaan

16:30 WIB | Monday, 19-December-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Indarto

tiga kelompok perikanan yang menerima penghargaan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada kelompok pelaku utama perikanan mandiri berprestasi di tingkat nasional. Penghargaan tersebut diharapkan bisa memberi motivasi kepada kelembagaan pelaku utama perikanan dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan (KP).

 

Ketiga kelompok pelaku perikanan terbaik yang mendapat penghargaan dari BPSDMP KP adalah Kelompok Mino Bayu Lestari dari Kulonprogo, Yogyakarta (Juara I); Kelompok Mina Makmur Jaya dari Kota Jambi (Juara II) dan Kelompok Mertha Segara Samuh dari Kuta Selatan, Bali (Juara III). Ketiga kelompok tersebut telah meningkat kemampuan kelas kelompoknya melalui pendampingan penyuluh perikanan.

 

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Kepala BPSDMP KP, Rifky Effendi Hardijanto, beberapa waktu lalu di Jakarta. “Ketiga kelompok pelaku perikanan tersebut telah lolos seleksi dari penilaian dan penetapan penyuluh teladan nasional dan kelompok mandiri berprestasi nasional. Penghargaan ini juga  sebagai apresiasi terhadap kontribusi positif penyuluh dan kelompok yang disuluh,” kata Rifky.

 

Menurut Rifky,  penilaian dan penetapan penyuluh teladan nasional sudah dilaksanakan selama tiga tahun. Sedangkan penilaian dan penetapan kelompok mandiri berprestasi nasional telah dilaksanakan selama dua tahun.  “Penghargaan bagi penyuluh teladan nasional telah diberikan pada peringatan puncak Hari Nusantara 2016, 13 Desember lalu, di Lembata, Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

 

Rifky berharap, ketiga kelompok pelaku perikanan tersebut bisa berkiprah dalam mengembangkan usaha KP yang selama ini digelutinya.  Khusus untuk Kelompok Mino Bayu Lestari yang konsentrasi pada usaha pembesaran ikan gurami bisa berkembang lagi ke depan. Kelompok  ini beranggotakan 23 orang dengan 63 unit kolam tercatat memiliki aset senilai Rp 117 juta. Omset penjualannya kini mencapai Rp 181,47 juta/tahun.

 

Sedangkan Kelompok Mina Makmur Jaya yang konsentrasi di usaha Keramba Jaring Apung (KJA) ikan nila tersebut beranggota 16 orang. Aset yang dimiliki kelompok ini senilai Rp 695 juta. Omset penjualannya mencapai Rp 1,12 miliar/tahun. Jumlah KJA yang dimiliknya sebanyak 327 unit, masing-masing berukuran 3 x 4 meter.

 

Sementara itu, Kelompok Mertha Segara Samuh yang beranggota 54 orang ini konsentrasi di bidang usaha penangkapan ikan dan jasa transportasi pariwisata bahari, restoran, art shop, penyawaan perahu, counter water spot. Kelompok tersebut juga mempunyai usaha sampingan simpan pinjam dengan omset mencapai Rp 11,5 miliar/tahun.

 

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (Pusluhdaya KP) Endang Suhaedy mengatakan hal senada. Menurutnya,  penyerahan penghargaan  kepada tiga kelompok perikanan berprestasi nasional tahun 2016 bertujuan memberikan motivasi kepada kelompok pelaku utama perikanan.

 

“Penghargaan ini juga bertujuan memberikan apresiasi terhadap kelompok mandiri yang dibina penyuluh perikanan. Dengan demikian, diharapkan pelaku utama dapat lebih meningkatkan kinerja dan produktifitas dalam pengembangan usahanya,” kata Endang. Idt

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162