Loading...

Pasca Lebaran, Stok dan Harga Pangan Masih Stabil

16:27 WIB | Monday, 18-June-2018 | Nusantara, Editorial | Penulis : Kontributor

harga stabil

Lebaran 2018 baru selesai beberapa hari lalu, tetapi pemantauan stok dan harga pangan di masyarakat masih terus dilakukan di beberapa tempat. Hasilnya, stok dan harga masih di kisaran stabil bahkan cenderung menurun hingga saat ini.

 

Hal ini bisa dilihat dari hasil pantauan Tim P2H (Pemantau Pasokan dan Harga Pangan) Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di sejumlah pasar di beberapa provinsi.

 

Seperti di Pasar Tamanan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pasokan pangan aman dan harga stabil, bahkan menurut para pedagang cenderung turun dibanding sebelum Idul Fitri, terutama telur ayam ras turun dari Rp. 20.500,- menjadi Rp. 20.000, Demikian halnya di pasar Kacangan Boyolali, pasokan dan harga pangan cenderung stabil degan penurunan terjadi pada beras termurah dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 9.600,- dan daging sapi dari Rp. 130.000,- menjadi Rp. 120.000/kg,-

 

Kondisi serupa juga terjadi di pasar Singosari kabupaten Malang, pasokan dan harga pangan relatif stabil, bahkan cenderung turun diantaranya gula pasir, bawang merah, bawang putih bonggol, cabe merah keriting, cabe rawit merah dan telur ayam ras.

 

Begitupula di Pasar Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Pasar Puri baru Kabupaten Pati hingga pasar Salaman kabupaten Magelang, Jawa Tengah pasokan dan harga pangan umumnya stabil.

 

Tak hanya di pasar becek saja stok dan harga pangan berlangsung stabil. Beberapa pasar modern seperti di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, harga pangan tidak ada kenaikan yang berarti sejak awal Ramadhan hingga saat ini. Di Toserba Yogya Pemalang, beberapa komoditi seperti minyak goreng turun dari Rp. 26.900 menjadi Rp. 24.900 bawang putih bonggol dari Rp. 25.450 menjadi 24.950 daging sapi segar dari Rp. 90.500 menjadi Rp. 89.900 telur ayam ras dari Rp. 23.500 menjadi Rp. 22.500.

 

Begitupula dengan pasar retail modern Carrefour Trans Mall Makasar pasokan dan harga pangan stabil bahkan cenderung turun antara lain gula pasir dari Rp. 12.000 menjadi Rp. 11.700 dan bawang putih dari Rp. 32.000 menjadi Rp. 31.000

 

Belum Jualan

 

Kondisi sedikit berbeda terjadi di Pasar Besar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pasokan pangan cukup dan harga relatif stabil kecuali cabe merah keriting, cabai rawit merah, daging ayam ras dan telur ayam ras sedikit mengalami kenaikan, karena para pedagang belum banyak yang berjualan. Beberapa hari ke depan menurut para pedagang harga akan stabil bahkan cenderung turun seiring dengan normalnya distribusi pangan dan dibukanya kembali kios-kios oleh pedagang.

 

Di pasar gudang Sukabumi pasokan pangan masih terbatas, karena masih belum banyak supplier yang mengirimkan pasokan dan hanya beberapa warung bahan pangan yang buka. Pasokan yang ada merupakan stok bahan pangan sebelum lebaran karena saat ini belum mendapatkan pasokan baru, namun harga cenderung stabil.

 

Pasar Induk Cianjur juga mengalami keterbatasan pasokan meskipun harga tetap stabil.

 

Diperkirakan, seminggu pasca lebaran Idulfitri 1439 H, pasokan dan harga pangan sudah benar-benar normal kembali, seiring dengan kembalinya para pedagang untuk berjualan.

 

Cukupnya ketersediaan pangan dan terkendalinya harga pangan, tidak terlepas dari koordinasi yang baik antar kementerian dan lembaga, serta sudah diantisipasinya kebutuhan pangan 3 bulan sebelum lebaran.

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162