Loading...

Penyuluhan Pertanian Khas Budaya Bali di BPP Banjarangkan

11:24 WIB | Thursday, 12-July-2018 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Banjarangkan, Klungkung, Bali melakukan inovasi cara penyuluhan dengan sentuhan seni dan budaya khas Bali.

 

 

 

Salah satu  inovasi teknologi yang disuluhkan di BPP ini yakni  sistem pengairan dengan menggunakan kontrol waktu (timer control). Inovasi lain yang juga disuluhkan para PPL disini adalah  Aqua-Minaponik, yakni sistem pertanian terintegrasi di lahan urban, lalu pertanian hidroponik, pertanian organik program Simantri, pembuatan pestisida alami, pembuatan mol, dan berbagai teknologi anjuran yang sudah dikaji terlebih dulu.

 

 

 

Yang unik dan menyenangkan buat para petani, penyampaian materi penyuluhan di BPP ini dikemas melalui seni dan budaya setempat. PPLnya pun melakukan  demonstrasi lapangan untuk menunjukkan sebuah inovasi diterapkan dalam budidaya.

 

 

 

Penyuluhan  juga dilakukan melalui media massa radio, Cyber Extention (Cybex) dan medsos dalam blogspot : bppbanjarangkan.blogspot.com serta penyuluhan ke sekolah dasar untuk meningkatkan rasa cinta pertanian sejak dini.

 

 

Siti Nurjanah Koordinator Penyuluh Pertanian Pusat saat di BPP ini mengatakan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di kecamatan, yang memiliki peran sangat strategis dalam mendukung program pembangunan pertanian.

 

 

 

"Para Penyuluh Pertanian yang berada di BPP harus melakukan pendampingan dan pengawalan Upsus Padi, Jagung, Kedelai, Bawang dan Cabe (Upsus Pajale-Babe) serta Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas," tambahnya.

 

 

 

Keberadaan Penyuluh pertanian, lanjutnya dimanapun posisinya harus mengoptimalkan berbagai upaya serta menunjukkan kinerjanya agar menjadi yang terbaik dan dapat memberikan yang terbaik pula bagi negeri. Untuk itu, para penyuluh pertanian  harus menjadi team work yang solid.  Som

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162