Loading...

Pertanian Terbuka Lebar bagi Generasi Muda

15:40 WIB | Monday, 23-October-2017 | Nusantara | Penulis : Indarto

Sektor pertanian bisa jadi pilihan anak-anak muda untuk memulai mengembangkan usaha. Sebab, sektor pertanian memiliki produk turunan yang cukup banyak. Dengan berbekal pengetahuan dan teknologi, anak-anak muda bisa mengeksplor setiap produk pertanian dan turunannya untuk mendapatkan nilai tambah.

 

“Sektor pertanian sampai saat ini masih terbuka luas baik di hulu maupun di hilirnya. Anak-anak muda bisa terjun ke sektor pertanian untuk mengembangkannya. Sebab, sektor pertanian sampai tahun 2050 masih prospektif,” kata Dekan Fakultas Pertanian UniversitasTanjungpura, Radian dalam seminar Menggerakkan Generasi Muda untuk Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan, di Pontianak, Kalbar, beberapa waktu lalu.

 

Radian melihat dalam kurun 30 tahun ke depan kebutuhan pangan diperkirakan akan meningkat sebesar 70% dibanding saat ini. Meningkatnya kebutuhan pangan tersebut berbanding lurus dengan laju jumlah penduduk dunia yang diperkirakan meningkat.

 

Karena itu menurut dia, usaha di sektor pertanian tak hanya masih terbuka, tapi juga menarik. Karena pemerintah bisa memfasilitasi anak-anak muda mengembangkan sektor pertanian, khususnya yang ada di perbatasan.

 

Dia juga mengatakan, apabila mulai saat ini anak-anak muda sudah terjun ke sektor pertanian di kawasan perbatasan, pemerintah tak perlu lagi kawatir dengan tingginya laju migrasi penduduk dari desa ke kota yang terjadi saat ini.

 

“Kita harus dorong anak-anak muda terjun ke sektor pertanian. Selain menjanjikan,  sesuai penelitian Bank Dunia, harga produk pertanian pada tahun 2017 meningkat, sehingga bisa jadi pendorong bagi anak-anak muda,” kata Radian. Idt

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162