Loading...

PPL Digerakkan untuk Percepatan Tanam dan Mobilisasi Mesin Pertanian

20:04 WIB | Monday, 11-June-2018 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

Pusat Penyuluhan Pertanian mengeluarkan instruksi kepada seluruh Penyuluh Pertanian (PPL) PNS maupun bukan untuk melakukan pendampingan petani dalam percepatan tanam dan mobilisasi alat dan mesin pertanian (alsintan).

 

 

 

Instruksi langsung ke seluruh PPL di Indnesia ini ditujukan untuk meningkatkan luas tambah tanam dengan meningkatkan olah tanah menggunakan alsintan bantuan pemerintah.

 

 

 

Setidaknya ada tiga kegiatan yang harus dilakukan PPL dalam instruksi ini. Ketiga kegiatan ini lah kinerja PPL ditentukan. Pertama,  identifikasi rencana tanam dan alsintan bantuan pemerintah yang akan dimanfaatkan untuk olah tanah.

 

 

 

Kedua, gerakan olah tanah. Ketiga, gerakan tanam. Kedua hal ini dilakukan dengan memberikan pendampingan petani, kelompok tani dan pemanfaatan atau mobilisasi alsintan berupa traktor roda dua, traktor roda 4, pompa air dan rice  tranplanter (mesin tanam padi).

 

 

 

Target olah tanah menggunakan traktor roda 2 dan 4 bantuan pemerintah pada Juni 2018 seluas 1,5 juta ha lebih dan target luas tambah tanam padi pada bulan Juni yakni 1,7 juta ha lebih.

 

 

 

Kepada semua PPL diwajibkan melaporkan gerakan ini kepada koordinator BPP, PJ Upsus kab/kota, ke propinsi dan ke PJ Upsus/Alsin Nasional untuk disampaikan kepada Menteri Pertanian.

 

 

 

Instruksi untuk PPL ini sekaligus bagian yang menyatu dari upaya Kementan untuk memanfaatkan rawa lebak, pasang surut, pengembangan padi gogo, pompanisasi dan sawah eksisting. Som

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162