Loading...

Presiden Jokowi Tinjau Padat Karya Tunai untuk Perbaikan Irigasi Tersier

11:45 WIB | Friday, 09-February-2018 | Nasional | Penulis : Ahmad Soim

Program padat karya tunai untuk perbaikan irigasi tersier mendapat perhatian Presiden RI Joko Widodo. Meski hujan lebat, Presiden Joko Widodo tetap terjun ke persawahan meninjau pelaksanaan padat karya tunai di Daerah Irigasi Pincuran Tujuh, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat (8/2).

 

Pemerintah pada tahun 2018  melalui Kementerian PUPR  melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Program padat karya tunai ini diharapkan bisa menambah uang beredar di masyarakat, sehingga diharapkan tingkat konsumsi, daya beli masyarakat desa semakin naik.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  mengatakan P3-TGAI dilakukan di 5.000 lokasi di 34 provinsi dengan anggaran Rp 1,12 triliun. Tujuannya untuk peningkatan dan pemeliharaan saluran irigasi tersier. Masing-masing lokasi mendapat alokasi Rp 225 juta dengan komposisi Rp 195 juta untuk pekerjaan fisik dan Rp 30 juta untuk pendampingan.

 

P3TGAI bakal meningkatkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi karena dikerjakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) setempat didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). Som

 

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162