Loading...

PT. SHS Tambah Kapasitas Terpasang Produksi Benih

10:37 WIB | Saturday, 14-October-2017 | Nasional | Penulis : Julianto

PT. Sang Hyang Seri (SHS) akan menambah kapasitas terpasang produksi benih sebesar 10.500 ton, sehingga totalnya menjadi 91.000 ton. Dengan tambahan ini diharapkan, ketersediaan benih pangan untuk petani lebih besar dan mendukung swasembada pangan.

 

Direktur Operasional PT. SHS, Hariyanto mengatakan, untuk menambah kapasitas terpasang itu, pihaknya akan membangun empat pabrik yang berlokasi di Sulawesi Tengah sebanyak 2.500 ton, Kalimantan Selatan 2.500 ton, NTB 2.500 ton sedang dalam proses, Aceh 2.500 ton.

 

“Kita juga akan membangun di Papua dengan kapasitas 500 ton yang merupakan tindak lanjut program pemerintah sebelumnya,” katanya saat Lokakarya Dukungsn Perbenihan dan Perbibitan di Lembang, Sabtu (14/10).

 

Anggaran untuk membangun empat pabrik baru tersebut berasal dari Penanaman Modal Negara  (PNM) yang jumlahnya mencapai Rp 400 miliar. “Selain untuk menambah kapasitas terpasang, dana PNM itu juga akan kita gunakan untuk investasi dan revitalisasi atau perbaikan mesin yang rusak,” katanya.

 

Sebagai salah satu BUMN benih, PT. SHS memilik lahan cukup luas. Bahkan yang berlokasi di Sukamandi, Subang luasnya mencapai 3.150 hektar (ha). “Ke depan kita punya pemikian unutk mengoptimalkan lahan-lahan tersebut bekerjasama dengan Bulog dan PT. Pupuk Indonesia,” ujarnya.

 

PT. SHS saat ini memiliki 20 unit layanan produksi benih di seluruh Indonesia. Benih yang dihasilkan, selain padi, ada juga benih jagung hibrida dan sayuran. Bahkan varietas jagung SL-8 saat ini permintaan di lapangan sangat besar, karena produktivitasnya mencapai 8,9 ton/ha. Yul

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162