Loading...

Rasakan Khasiat Teh plus Serai atau Jahe

14:55 WIB | Wednesday, 24-January-2018 | Tips & Santai, Non Komoditi | Penulis : Kontributor

 

 

Teh memiliki banyak manfaat, bahkan adayang memanfaatkan untuk diet dan menurunkan berat badan. Beragam cara bisa dilakukan untuk menikmati teh. Misalnya, dengan mencampur berbagai rempah-rempah, sehingga ada sensasi tersendiri.

 

Ada beragam rempah yang bisa dicampurkan diantaranya serai dan jahe. Serai dan jahe bermanfaat untuk proses detoksifikasi. Efek diuretik sebagai bagian dari proses detoksifikasi mampu membantu mengeluarkan racun secara efektif.

 

Serai selain bermanfaat untuk detoksifikasi ternyata juga mengandung zat anti septik yang mampu membunuh kuman penyakit tanpa membahayakan jaringan tubuh. Lain halnya dengan jahe,  rempah satu ini memiliki khasiat sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi berguna mengobati radang yang bukan disebabkan mikroorganisme.

 

Selain rempah-rempah tersebut, teh hitam juga dipercaya membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari nationalgeographic.co.id, kandungan flavonoid pada teh hitam dapat menghambat kerja enzim lipase, sehingga beberapa lemak tidak dapat diserap tubuh akhirnya dikeluarkan dari tubuh.

 

Selain itu, hasil studi yang dilakukan European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, kandungan kafein pada teh hitam bisa mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka waktu lama.

 

Campuran antara teh hitam, serai dan jahe ampuh untuk menurunkan berat badan karena kandungan masing-masing bahan tersebut. Bagaimana caranya? Rebus air lalu masukkan satu batang serai. Selanjutnya tambahkan tiga serai yang sudah di geprek. Setelah mendidih masukkan empat kantung teh hitam, lalu tunggu hingga dingin dan tuangkan kedalam gelas.

 

Meminum ramuan ini sebagai pengganti minuman berkalori tinggi (soda dan minuman kemasan) dapat menurunkan berat badan. Secangkir teh hitam biasanya mengandung dua kalori. Namun, jangan meminumnya setiap hari batasi konsumsi teh hitam maksimal lima cangkir sehari. Sebab kandungan kafein yang banyak tidak baik bagi tubuh. Yusrina

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162