Loading...

RDKK Permudah Alokasi Pupuk Bersubsidi

11:52 WIB | Thursday, 16-February-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Gesha

Pupuk menjadi salah satu sarana produksi yang tak bisa lepas dari kebutuhan petani. Dalam penyaluran dan distribusi pupuk bersubsidi, pemerintah telah mengatur melalui perencanaan sesuai Rencana Definitif Kerja Kelompok (RDKK) yang dibuat kelompok tani.

 

Sebagai sarana produksi yang teramat penting, ketersediaan pupuk bersubsidi sangat dinantikan kelompok tani. Sayangnya, kadang di lapangan masih ada petani yang kesulitan memperoleh pupuk bersubsidi.

 

Padahal, pabrik pupuk sendiri selalu memproduksi pupuk baik subsidi maupun non subsidi sepanjang waktu. Seperti yang diungkapkan staff penjualan daerah pemasaran PT Petrokimia Gresik, Hudaifi. Menurutnya, kelangkaan dan keterlambatan pupuk bersubsidi di beberapa daerah dipengaruhi beberapa hal. Salah satunya RDKK.

 

“Ada baiknya memang RDKK dari petani disusun dan diserahkan sebelum pergantian tahun. Tapi yang terjadi dan seringnya RDKK baru disusun saat Januari. Padahal di bulan tersebut, pupuk bersubsidi sudah mulai distribusi,” jelasnya.

 

Tak hanya soal pengisian RDKK yang terlambat, Hudaifi juga memperhatikan alokasi beberapa jenis pupuk seringkali menumpuk banyak di satu daerah. Seperti di Jawa, alokasi untuk pupuk ZA dan SP yang selalu membengkak setiap tahunnya, namun pupuk organiknya semakin menurun.

 

“Pernah ada protes kalau pupuk organiknya kami (Petroganik) susah diperoleh di satu daerah, tapi saat ditelusuri memang tidak ada permintaan Petroganik,” ujarnya. Namun dia mengakui, petani jarang sekali mengisi kolom kebutuhan pupuk organik. Padahal jika memang petani perlu pupuk organik, harusnya di RDKK diisi juga.

 

Mengenai jumlah dan kuota pupuk bersubsidi yang diterima petani, Hudaifi menuturkan pemerintah daerah (provinsi hingga kabupaten) bersifat terbuka dengan petani berapa sebenarnya kuota pupuk bersubsidi yang diterima untuk daerah dari pemerintah pusat. Sehingga petani bisa memperkirakan dan memperhitungkan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162