Loading...

Roti Tawar dan Pizza Enak Bisa Dibuat dari Campuran Tepung Lokal

06:11 WIB | Tuesday, 24-July-2018 | Tips & Santai | Penulis : Gesha

Roti dan Pizza ini dibuat daricampuran tepung lokal (dok. Gesha)

Kelezatan pizza dan kelembutan roti tawar sudah pasti disukai oleh anak-anak. Keduanya biasa menggunakan tepung terigu. Namun siapa sangka, tepung lokal seperti tepung ubikayu, tepung beras dan sagu bisa dicampur untuk menjadi roti tawar dan pizza enak.

 

"Kita gunakan 50 persen tepung pregel (tepung ubi kayu), tepung beras dan pati sagu untuk bisa menghasilkan white bread (roti tawar) bahkan flat bread seperti pizza," tutur peneliti tepung lokal dari Balai Besar Pascapanen Pertanian (BBPascapanen), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Endang Y Purwani.

 

Tak hanya menggunakan tepung beras dan pati sagu, tepung pregel dari ubikayu juga bisa dicampur sebanyak 20% jika menggunakan tepung sorgum. Lebih jauh Endang menambahkan tepung pregel merupakan hasil penepungan dari ubi kayu (singkong) dengan metode pre-gelatinisasi. "Hasil tepungnya sendiri berwarna putih, sangat halus, tidak berasa dan berbau. Namun jika langsung digunakan untuk dibuat adonan roti, teksturnya keras dan tidak elastis," tuturnya.

 

Pembuatan roti dari campuran tepung lokal ini diakui Endang merupakan tantangan tersendiri karena dalam membuat roti non gandum lebih sulit daripada sekedar membuat formulasi untuk cookies atau cake. "Perlakuan dalam pembuatan adonan untuk roti non gandum seperti ini memang lebih besar daripada membuat roti biasa. Mulai dari adonan lengket, perlu air yang lebih banyak hingga waktu memanggang yang lebih lama daripada menggunakan tepung terigu," jelas Endang.

 

Namun, rasa dan aromanya setelah menjadi roti dan pizza jangan ditanya. Dengan topping manis maupun gurih, roti maupun pizza dari tepung lokal ini sangat bisa diterima oleh publik. "Rotinya bisa mengembang, struktur crumbnya juga merata dan bersarang," papar Endang.

 

Kini, roti dari campuran tepung lokal tersebut sudah bisa dikonsumsi masyarakat secara komersil karena sudah ada dua outlet yang menjualnya yaitu Unis Gluten Free dan Satria Bakery. Keduanya baru tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Bogor.. (gsh)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162