Loading...

Aplikasi dan Media Pers Pertanian

16:00 WIB | Friday, 06-January-2017 | Editorial, Editorial | Penulis : Ahmad Soim

Aplikasi Sistem Informasi Pertanian berbasis smartphone  terus bermunculan. Smartphone sudah banyak digunakan masyarakat untuk mencari  informasi berbelanja online. Pada tahun 2018, penggunaan smartphone Indonesia diperkirakan menjadi peringkat keempat di dunia setelah Tiongkok, Amerika Serikat, (AS), dan India.

 

Meningkatnya masyarakat termasuk masyarakat pertanian yang menggunakan teknologi informasi, menciptakan suatu peluang untuk menyampaikan inovasi teknologi pertanian melalui teknologi ini.  Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian termasuk yang memanfaatkan peluang itu dengan membuat aplikasi sistem informasi berbasis smartphone yang terintegrasi dengan Google Map. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa tahu varietas apa yang cocok di daerahnya, teknologi pengelolaan lahan,  budidaya, alsintan dan infrastruktur pendukung lainnya.

 

Beberapa perusahaan media pers bahkan sudah lebih dulu mengembangkan aplikasi sistem informasi pertanian berbasis smartphone. Ada yang fokus pada pengembangan informasi pertanian dalam bentuk berita, teknologi dan jual beli online. Biasanya, sistem informasi berita pertanian tersebut diintegrasikan dengan media sosial yang interaktif dengan pembaca.

 

Kelebihan sistem informasi pertanian yang berbasis smartphone yang dikembangkan perusahaan media pers adalah dinamis dan selalu baru, baru informasinya, baru nara sumbernya, dan baru teknologinya. Lebih dari itu, informasi beritanya ditulis dengan bahasa jurnalistik yang lebih mudah dipahami masyarakat awam.

 

Tabloid Sinar Tani adalah salah satu perusahaan media pers yang juga mengembangkan sistem informasi pertanian berbasis smartphone terintegrasi dengan media sosial. Aplikasinya bisa diunduh di playstore pada smartphone yang berbasis sistem android. Karena teknologi ini mengutamakan kecepatan dan interaktif, maka isinya pun disesuaikan untuk memuat berita-berita cepat dan interaktif, termasuk jual beli online.

 

Untuk berita atau informasi yang memerlukan kedalaman materi dan ilustrasi penjelasan secara lebih detil diperlukan tulisan yang jauh lebih panjang. Tulisan yang lebih panjang ini lebih efektif dimuat dalam Tabloid Sinar Tani edisi cetak. Selain itu, masih banyak daerah di Indonesia terutama kecamatan dan perdesaan yang belum terjangkau oleh teknologi informasi. 

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162