Loading...

SHS Siap Cetak 500 Ton Benih Padi Tropiko

16:02 WIB | Wednesday, 01-November-2017 | Komoditi, Pangan | Penulis : Indarto

Varietas padi Tropiko besutan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) yang dikerjasamakan dengan PT Sang Hyang Seri (SHS) akan menjadi salah satu benih padi premium. Sesuai rencana benih  varietas padi Tropiko bisa dilaunching awal tahun 2018.

 

"Target kita bisa memproduksi benih padi Tropiko sebanyak 500  ton per tahun. Benih padi ini akan terus kami masyarakatkan ke petani," kata Dirut PT Sang Hyang Seri (Persero) Syaiful Bahri, saat MoU dengan Batan, di Jakarta (31/10).

 

Menurut Syaiful, performance varietas padi Tropiko cukup bagus.

Sesuai penelitian di Batan, padi Tropiko selain pulen juga punya rasa yang enak.

 

Diharapkan varietas padi baru ini bisa jadi pilihan petani. Selain produktivitas tinggi, padi Tropiko dalam waktu 114 hari sudah bisa panen. "Jenis padi ini bukan padi hibrida, sehingga harga benihnya terjangkau petani," ujarnya.

 

Syaiful juga mengatakan, varietas padi Tropiko sudah dilakukan uji lapang atau uji multi lokasi. "Hasilnya cukup bagus, karena padi varietas baru ini tahan hama WBC dan penggerek batang. Tentu, dengan ketahanan terhadap hama tersebut akan sangat membantu petani," katanya.

 

Menurutnya, varietas padi Tropiko yang sudah di tanam di Sukamandi tak lama lagi panen. "Setelah panen nanti kita akan lakukan uji rasa," demikian Syaiful. (idt)

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162