Loading...

Sirup Markisa dan Kacang Disko, Oleh-oleh Wajib dari Negeri Angin Mamiri

22:09 WIB | Tuesday, 24-July-2018 | Tips & Santai | Penulis : Gesha

Kacang Disko, salah satu oleh-oleh wajib dari Makassar (dok. Gesha)

Berkunjung ke daerah, tidak pas rasanya kalau tidak belanja oleh-oleh khas. Sirup Markisa dan Kacang Disko pun jadi satu dari sekian banyak oleh oleh wajib wisatawan yang bertandang ke Makassar.

 

"Paling banyak dibeli memang keduanya. Meskipun banyak pilihan lainnya seperti saraba, baruasa dan lainnya," tutur pramuniaga salah satu toko oleh-oleh di sekitar Bandara Hassanuddin Makassar. Kedua oleh-oleh wajib tersebut memang tidak sulit dicari di seantero Makassar. Mulai dari pasar, pusat oleh-oleh di Somba Opu sampai kios di sekitar bandara.

 

Harga yang terjangkau namun enak masih menjadi alasan utama dibelinya oleh-oleh ini. Satu botol berukuran 1 liter sirup Markisa dengan merek Bola Dunia dihargai Rp 75 ribu. Tersedia juga kemasan dibawah 1 liter jika ingin yang kecil. Sedangkan kacang disko Cap Ayam ukuran  900 gram dihargai Rp 80 ribuan saja. Tersedia juga dalam beragam rasa untuk kacang disko sehingga konsumen  bisa memilih sesuai kesukaan.

 

Ciri Khas

Oleh-oleh tentu saja mencirikan kekhasan suatu daerah yang bisa berbeda dengan daerah lainnya. Seperti misalnya markisa, meskipun di Sumatera mempunyainya juga, sirup markisa dari Sulsel ini punya ciri yang berbeda yaitu asam manis. Sulawesi Selatan  tepatnya di Kabupaten Gowa, Kelurahan Malino merupakan sentra perkebunan markisa terbesar sejak zaman Belanda.

 

Buah markisa yang dihasilkan diolah menjadi minuman segar bermutu tinggi dan mempunyai ciri khas rasa yang berbeda dengan markisa dari daerah lain. Warna daging buah markisa bisa kuning atau oranye, tergantung dari jenisnya. Apakah markisa tersebut ditanam di dataran tinggi atau dataran rendah. Tingkat kematangan juga berpengaruh pada isi dari buah markisa.

 

Sementara kacang disko, merupakan camilan sebagai teman yang pas disaat santai maupun teman perjalanan. Masyarakat di Makassar juga menjadikan kacang disko sebagai cemilan saat hari-hari besar seperti saat hari raya Idul Fitri. Selain itu, kacang disko juga sering ditambahkan pada sajian minuman seperti pada es teler sehingga menjadikan nuansa rasa minuman menjadi sedikit unik. (gsh)

 

Editor : Gesha

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162