Loading...

Sorgum Sorgum Manis Kementan Siap Ditanam di Lahan Kering

16:02 WIB | Thursday, 12-July-2018 | Pangan | Penulis : Kontributor

Salah satu strategi penting pemuliaaan sorghum ( Sorghum bicolor L. Moench ) adalah dengan menerapkan bioteknologi selular dibantu mutasi.  Kementan melalui Balitbangtan menggunakan teknik tersebut dengan menggunakan varietas asal Numbu.  Hasilnya adalah beragam galur, yang selanjutnya dilakukan seleksi sesuai kebutuhan atau target perakitan.

 

 Endang Gati dari BB Biogen Balitbangtan menyatakan bahwa hasil  uji adaptasi di delapan lokasi  diperoleh tiga galur harapan  hasil Galur ini dapat mencapai potensinya dilokasi yang subur dan kering seperti NTB dan Pekalongan, sangat tahan terhadap penyakit karat, bercak daun dan antraknosa.  

 

Terdapat tiga galur harapan yaitu MB-3,  MB-5, MM-4 dengan potensi hasil masing-masing 9,3, 8,3, 8,3 ton/ha. Sebagai sorghum manis, masing-masing memiliki brix 15,2, 14,6 dan 15,5%. Galur-galur tersebut lebih unggul dibanding varietas yang ada. Galur-galur harapan dapat dikembangkan pada lahan kering marjinal, sangat tahan penyakit karat, bercak daun dan antraknosa. Pengujian seluruh tahap dan dokumen pelepasan telah disiapkan. Demikian pula perbanyakan benih terus dilakukan.

 

Harapannya galur harapan ini dapat segera menjadi varietas unggul dan dapat ditanam diberbagai daerah terutama yang beriklim kering. Varietas unggul ini diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan, pakan, dan pendapatan petani lahan kering terutama beriklim kering.

 

 

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Editor : Pimpinan Redaksi

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162